Sabtu, 04/05/2024 05:29 WIB

UEFA Terapkan Teknologi Offside di Piala Super Eropa

UEFA Terapkan Teknologi Offside di Piala Super Eropa

Gol Benzema yang dianulir wasit karena offside (Foto: Doknet)

London, Jurnas.com - UEFA akan menerapkan teknologi offside dalam pertandingan Piala Super Eropa, yang akan mempertemukan Real Madrid selaku pemenang Liga Champions, dengan Eintracht Frankfurt sebagai kampiun Liga Europa.

Pertandingan yang bakal berlangsung pada 11 Agustus 2022 ini akan dipimpin oleh wasit asal Inggris, Michael Oliver di Stadion Olimpiade, Helsinki, Finlandia.

Sistem offside semi-otomatis ini, nanti juga akan digunakan di Liga Champions, agar pengadil lapangan lebih cepat dan tepat dalam menentukan offside maupun onside dalam pertandingan.

"UEFA dengan bangga mengumumkan bahwa Semi-Automated Offside Technology (SAOT) akan tampil perdana di kompetisi klub Eropa di Piala Super UEFA," bunyi pernyataan UEFA dikutip dari Marca pada Kamis (4/8).

"Selanjutnya, SAOT juga akan digunakan sebagai babak penyisihan grup di musim Liga Champions UEFA mendatang," lanjutnya.

UEFA mengklaim bahwa teknologi tersebut berfungsi penuh setelah lebih dari dua tahun pengujian. Total, 188 uji coba telah dilakukan sejak 2020, termasuk di semua pertandingan Liga Champions musim lalu, fase gugur Liga Champions Wanita UEFA dan seluruh final Kejuaraan Eropa Wanita UEFA, serta final kompetisi klub lainnya.

"UEFA terus mencari solusi teknologi baru untuk meningkatkan permainan dan mendukung pekerjaan wasit," kata Kepala Wasit UEFA Roberto Rosetti dalam sebuah pernyataan.

"Sistem inovatif ini akan memungkinkan tim Video Assistant Referee (VAR) untuk menentukan situasi offside dengan cepat dan lebih akurat, meningkatkan alur permainan dan konsistensi keputusan," lanjut dia.

"Sistem ini siap digunakan dalam pertandingan resmi dan diimplementasikan di setiap venue Liga Champions," tutup Roberto.

KEYWORD :

Teknologi Offside Real Madrid Piala Super Eropa Eintracht Frankfurt




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :