Sabtu, 18/05/2024 20:14 WIB

China Cekal 35 Eksportir Taiwan Imbas Kedatangan Pelosi

China Cekal 35 Eksportir Taiwan Imbas Kedatangan Pelosi

Bendera China dan Taiwan yang dicetak terlihat dalam ilustrasi yang diambil pada 28 April 2022. (Reuters/Dado Ruvic/Illustration)

Beijing, Jurnas.com - China menangguhkan impor dari 35 eksportir biskuit dan kue kering Taiwan sejak Senin (1/8), menjelang kunjungan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi.

Menurut Kantor Berita Pusat Taiwan yang dikutip Reuters pada Selasa (2/8), di antara 3.200 perusahaan Taiwan yang terdaftar di bea cukai China di bawah kategori makanan, 2.066 entri terdaftar mengalami "penangguhan impor."

Di antara 107 entri di bawah kategori biskuit, kue kering dan roti, 35 telah terdaftar "penangguhan impor", menurut perhitungan Reuters berdasarkan data pendaftaran yang diposting di situs web Administrasi Umum Kepabeanan China.

"Saya mengetahui tentang larangan itu sebelum saya pulang kerja tadi malam," kata seorang manajer bisnis di salah satu produsen makanan Taiwan yang terkena dampak. Dia mengaku tidak tahu alasan perusahaannya dicekal.

"Ada perusahaan makanan yang mengatakan produk mereka telah ditolak di bea cukai China," imbuh perusahaan lainnya.

Penangguhan itu terjadi ketika China berulang kali memperingatkan Pelosi agar tidak pergi ke Taiwan, yang diklaimnya sebagai miliknya, dalam kunjungan yang menurut Beijing akan bertentangan dengan prinsip satu China yang telah dijanjikan Washington untuk dipatuhi.

"Kami telah memperhatikan ini dan mencoba memahami lebih banyak tentangnya," kata seorang staf pembuat kue kering Kuo Yuan Ye Foods.

Tidak jelas apakah akan ada lebih banyak penangguhan, tetapi nilai ekspor terbesar Taiwan ke China adalah elektronik dan suku cadang, mesin, plastik, dan bahan kimia.

China sebelumnya menangguhkan impor sejumlah barang, termasuk ikan kerapu, nanas, dan srikaya dari Taiwan sejak tahun lalu, dengan alasan kekhawatiran tentang hama, yang dibantah keras oleh Taiwan.

Dewan Pertanian Taiwan mengatakan akan mengambil langkah-langkah yang relevan untuk membantu perusahaan-perusahaan terbaru yang terkena dampak penangguhan "jangka pendek".

Pada tahun 2021, impor China dari Taiwan mencapai rekor US$189 miliar, menurut data resmi Taiwan.

KEYWORD :

China Taiwan Nancy Pelosi Amerika Serikat Pencekalan Impor




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :