Sabtu, 04/05/2024 06:17 WIB

Pangeran Harry Berpeluang Gugat Pemerintah Inggris ke Pengadilan

Pangeran Harry Berpeluang Gugat Pemerintah Inggris ke Pengadilan

Pada 19 Mei 2018, Pangeran Harry Inggris menikah dengan aktor Amerika Meghan Markle di Windsor Castle. Ratu Elizabeth II memberi pengantin baru gelar kehormatan dan bangsawan Sussex.

London, Jurnas.com - Pangeran Harry berpeluang membawa pemerintah Inggris ke pengadilan, terkait kasus pengaturan keamanannya di Inggris. Demikian keputusan yang disampaikan Hakim Jonathan Swift pada Jumat (22/7).

Kasus ini bermula ketika Harry dan istrinya Meghan Markle kehilangan perlindungan polisi Inggris yang didanai publik, pasca keduanya mengundurkan diri sebagai bangsawan pekerja senior dan pindah ke Amerika Utara pada tahun 2020.

Pangeran ingin membayar secara pribadi untuk keamanan polisi ketika dia datang ke Inggris, dan menantang penolakan pemerintah untuk mengizinkan dia mendapatkan perlindungan.

Dikutip dari Associated Press, hakim memutuskan bahwa kasus tersebut dapat dibawa ke sidang penuh di Pengadilan Tinggi di London. Dia menolak beberapa aspek dari tantangan tersebut, tetapi mengatakan beberapa alasan "menimbulkan kasus yang dapat diperdebatkan" yang layak untuk didengarkan.

"Kesimpulan pada tahap izin bahwa suatu kasus dapat diperdebatkan agak jauh dari kesimpulan bahwa kasus tersebut akan berhasil pada sidang akhir," kata hakim.

Harry dan mantan aktris Meghan Markle menikah di Kastil Windsor pada tahun 2019, lalu mengundurkan diri sebagai bangsawan pada tahun berikutnya, dengan alasan gangguan yang tak tertahankan dan sikap rasis dari media Inggris.

Pengacara Harry mengatakan pangeran enggan membawa anak-anak pasangan itu yakni Archie (3) dan Lilibet yang berusia 1 tahun ke tanah airnya karena tidak aman.

Harry, yang juga dikenal sebagai Duke of Sussex, ingin membayar untuk perlindungan tersebut, dengan mengatakan bahwa tim keamanan pribadinya di AS tidak memiliki yurisdiksi yang memadai di luar negeri atau akses ke informasi intelijen Inggris. Permintaan ini ditolak oleh Komite Eksekutif.

Pemerintah Inggris mengatakan keputusan komite itu masuk akal, dan tidak mungkin membayar secara pribadi untuk perlindungan polisi.

KEYWORD :

Pangeran Harry Meghan Markle Inggris Gugatan Pengadilan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :