Senin, 29/04/2024 13:37 WIB

Resmi, Ranil Wickremesinghe Dilantik Sebagai Presiden Sri Lanka

Resmi, Ranil Wickremesinghe dilantik sebagai presiden Sri Lanka.

Foto selebaran yang diambil pada 21 Juli 2022 dan dirilis oleh Parlemen Sri Lanka ini menunjukkan Ranil Wickremesinghe (kanan depan) mengambil sumpah sebagai presiden Sri Lanka di parlemen di Kolombo. (Foto: AFP/Parlemen Sri Lanka)

JAKARTA, Jurnas.com - Ranil Wickremesinghe dilantik sebagai presiden Sri Lanka pada Kamis (21/7). Perdana Menteri enam kali itu menggantikan Gotabaya Rajapaksa yang mundur usai kabur ke luar negeri.

Wickremesinghe, yang dipilih oleh legislator pada Rabu (20/7), mengambil sumpah jabatannya di hadapan Ketua Hakim Jayantha Jayasuriya di kompleks parlemen yang dijaga ketat, kata sebuah pernyataan dari kantornya.

Kepala polisi dan petinggi militer Sri Lanka berdiri di belakang presiden baru yang berusia 73 tahun itu saat pengambilan sumpah di hadapan ketua parlemen Mahinda Abeywardana.

Seremoni pelantikan akan disiarkan langsung di televisi lokal, tetapi entah kenapa terputus tepat sebelum pengambilan sumpah berlangsung. Para pejabat mengatakan penyelidikan atas kerusakan tak terduga telah diluncurkan.

Sumber-sumber resmi mengatakan pemimpin baru itu diperkirakan akan membentuk kabinet tidak lebih dari 30 menteri untuk mengarahkan negara itu keluar dari krisis ekonomi terburuknya sejak memperoleh kemerdekaan dari Inggris.

Sri Lanka mengalami pemadaman listrik yang berkepanjangan dan 22 juta penduduk negara itu mengalami kekurangan bahan bakar, makanan, dan obat-obatan selama berbulan-bulan.

Kemarahan publik atas kesulitan memuncak ketika puluhan ribu pengunjuk rasa menyerbu rumah presiden saat itu Gotabaya Rajapaksa, memaksanya untuk mundur dan membuka jalan bagi pemilihan Wickremesinghe.

Wickremesinghe memenangkan 134 suara di 225 anggota parlemen dalam penghitungan suara pada Rabu.

Sumber: CNA

KEYWORD :

Sri Lanka Ranil Wickremesinghe Gotabaya Rajapaksa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :