Kamis, 16/05/2024 21:50 WIB

Perusahaan Drone Turki Tak Mau Pasok Rusia

Perusahaan drone turki tidak mau pasok Rusia.

Drone Bayraktar TB2 difoto pada 16 Desember 2019 di pangkalan udara militer Gecitkale di Turki (File: AFP)

JAKARTA, Jurnas.com - Chief Executive Officer (CEO), Baykar Turki, pembuat membuat drone yang banyak digunakan oleh Ukraina melawan pasukan Rusia, telah mengesampingkan pasokan Bayraktar TB2 ke Moskow.

Dalam sebuah wawancara dengan CNN pada Senin (18/7), Haluk Bayraktar mengatakan Ukraina di bawah agresi yang sangat berat dan serangan yang tidak proporsional.

Ketika ditanya presenter CNN, Julia Chatterley, "Apakah Anda akan memasok Rusia?", Bayraktar menjawab, "Kami belum mengirim atau memasok mereka dengan apa pun, dan kami juga tidak akan pernah melakukan hal seperti itu karena kami mendukung Ukraina, Mendukung kedaulatannya, perlawanannya terhadap kemerdekaannya."

Bayraktar mengatakan bangga bahwa Bayraktar TB2 telah menjadi salah satu simbol perlawanan Ukraina melawan Rusia. "Ini sangat menyentuh," katanya, memuji tahun kerja sama dan ikatan kuat dengan Ukraina.

Kampanye crowdfunding (urun dana, Red) di Ukraina, Lithuania, Polandia dan Norwegia telah diluncurkan untuk membeli kendaraan udara tak berawak (UAV) untuk pemerintah di Kyiv. "Kami telah menyumbang untuk kampanye ini dan kami telah mengirimkan sistem tak berawak kami," kata Bayraktar.

Warga Lituania mengumpulkan hampir enam juta euro ($6 juta) untuk drone pada bulan Mei, sebagian besar dalam sumbangan kecil, setelah itu pembuatnya di Turki memutuskan untuk menyumbangkannya.

Baykar dan Lithuania dilaporkan setuju bahwa 1,5 juta euro ($ 1,5 juta) akan dihabiskan untuk mempersenjatai drone dan sisa uang crowdfunded akan digunakan untuk bantuan kemanusiaan.

Ukraina telah membeli lebih dari 20 drone bersenjata Bayraktar TB2 dari Baykar dalam beberapa tahun terakhir dan memesan 16 lagi pada 27 Januari. Batch itu dikirim pada awal Maret.

Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov mengungkapkan pada akhir Juni bahwa Ukraina telah menerima 50 UAV dari Baykar sejak invasi Rusia pada 24 Februari.

Reznikov juga berterima kasih kepada Ukraina dan Baykar atas sumbangan tiga TB2 Bayraktar setelah kampanye penggalangan dana media sosial Ukraina, yang telah mengumpulkan cukup untuk membeli tiga drone.

Baykar mengatakan menolak untuk mengambil uang dan sebaliknya akan menyumbangkan drone.

Ayah Haluk Bayraktar mendirikan perusahaan Istanbul pada 1980-an. Dia menjalankannya bersama saudaranya Selcuk Bayraktar, menantu Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Drone Bayraktar memiliki waktu terbang maksimum 27 jam dan dapat terbang setinggi 7.620 meter (25.000 kaki). Ini telah mencapai status selebriti di Ukraina; bahkan ada lagu yang didedikasikan untuk UAV di negara yang dilanda perang.

Meskipun awalnya dipuji sebagai alat yang berguna dalam persenjataan militer, Rusia, yang memiliki tentara yang jauh lebih kuat dan lebih besar, mengklaim telah menghancurkan lusinan drone.

Sumber: Aljazeera

KEYWORD :

Bayraktar TB2 Baykar Turki Invasi Rusia Ukraina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :