Sabtu, 18/05/2024 19:15 WIB

Puluhan Penyu Hijau Mati Tersangkut Jaring Nelayan di Jepang

Puluhan Penyu Hijau Mati Tersangkut Jaring Nelayan di Jepang

Penyu hijau (Foto: BBC)

Tokyo, Jurnas.com - 30 penyu hijau ditemukan mati di lepas pantai pulau terpencil Jepang. Sebagian besar ditemukan mati dalam kondisi leher ditikam.

Dikutip dari BBC pada Senin (18/7), penduduk setempat di pulau Kumejina melaporkan penemuan tersebut Kamis lalu, setelah air laut surut. Salah seorang nelayan, mengaku melukai penyu hijau untuk mengeluarkannya dari jaring ikan.

"Saya melepaskan beberapa (penyu) dan melepaskannya ke laut, tapi saya tidak bisa membebaskan (penyu) yang berat jadi saya menikam untuk menyingkirkan mereka," kata seorang operator penangkapan ikan yang tidak disebutkan namanya.

Media lokal melaporkan bahwa polisi telah mengerahkan petugas ke tempat kejadian minggu lalu, tetapi tidak jelas tindakan yang akan dilakukan.

Untuk diketahui, penyu hijau terdaftar sebagai spesies yang terancam punah oleh otoritas Jepang dan kelompok konservasi global. Hewan itu dikenal sering mengunjungi rumput laut dan hamparan rumput laut di Pulau Kumejina.

Ahli biologi kelautan dan pekerja lain dari Museum Penyu di pulau itu bergegas ke pantai setelah penyu ditemukan, tetapi sebagian besar sudah mati.

Beberapa memiliki luka tusuk di pangkal leher, sementara yang lain juga terkena sayatan di sirip mereka. Gambar-gambar yang dirilis oleh museum menunjukkan hewan-hewan mengambang di air dangkal.

"Saya belum pernah melihat yang seperti ini sebelumnya," kata seorang pegawai museum kepada The Asahi Shimbun.

KEYWORD :

Penyu hijau Jepang Pulau Kumejina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :