Minggu, 05/05/2024 22:47 WIB

Ada Presiden Jokowi, Kementan Gelar Pangan Murah di Pasar Sukamandi

Ada Presiden Jokowi, Kementan gelar pangan murah di Pasar Sukamandi.

Sekretaris Direktorat Jenderal Hortikultura, Retno Sri Hartati Mulyandari. (Foto: Ist)

JAKARTA, Jurnas.com - Kementerian Pertanian (Kementan) menyelenggarakan kegiatan Gelar Pangan Murah (GPM) di Pasar Sukamandi, Subang, Jawa Barat pada Selasa (12/7).

Kegiatan ini bertepatan dengan kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Pasar Sukamandi dalam rangka memantau stok pangan dan pemberian bantuan sosial.

"Secara umum, harga bawang merah sudah turun. Untuk cabai, di beberapa tempat mengalami sedikit kenaikan karena adanya libur petik Iduladha. Namun, masih terbilang stabil," jelas Sekretaris Direktorat Jenderal Hortikultura, Retno Sri Hartati Mulyandari.

Dalam kegiatan pangan murah ini, Ditjen Hortikultura memasok 1 ton aneka cabai, yang berasal dari sentra cabai yang tergabung dalam Champion Cabai Sumedang. "Lewat GPM ini kita juga berupaya menambah pasokan sehingga mampu menekan harga di pasaran," harapnya.

Cabai rawit merah dan cabai merah keriting dijual dengan harga sama dengan harga di tingkat petani, yakni Rp 69.000 per kg. Sementara itu, berdasarkan hasil pantauan tim lapangan, harga bawang merah juga mulai berangsur turun, yakni Rp 55.000 per kg.

 

Kementan telah melakukan berbagai upaya untuk menjaga ketersediaan bawang merah dan aneka cabai di pasaran, di antaranya bekerja sama dengan Pemda dan jaringan TTIC untuk distribusi dan pemasarannya.

Selain itu, juga lakukan koordinasi intensif dengan champion, asosiasi dan offtaker untuk mengambil produk langsung dari sentra produksi untuk memotong rantai pasokan; dan melakukan gerakan pengendalian OPT.

Seperti diberitakan, Presiden Jokowi bertolak menuju Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat hari ini untuk melakukan kunjungan kerja. Ia ke Pasar Sukamandi untuk menyerahkan sejumlah bantuan sosial bagi para penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) dan pedagang.

Selanjutnya, Kepala Negara akan beranjak menuju Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BBPadi) untuk melakukan sejumlah kegiatan yaitu meninjau koleksi dan konservasi plasma nutfah tanaman padi, meninjau unit produksi benih sumber padi, hingga meninjau varietas padi dan produk inovasi Kementerian Pertanian.

Presiden juga diagendakan berdialog dengan perwakilan petani.

Selesai acara tersebut, Presiden akan kembali ke landasan helikopter Lapangan Perum Sang Hyang Seri untuk kemudian lepas landas menuju Jakarta dengan menggunakan helikopter yang sama.

Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan menuju Kabupaten Subang yaitu Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri BUMN Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

KEYWORD :

Presiden Joko Widodo Pangan Murah Pasar Sukamandi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :