Senin, 29/04/2024 14:07 WIB

Demi Masuk Spanyol, Pria Ini Sembunyi di Dalam Koper

Insiden itu berlangsung ketika 1.100 migran asal sub-Sahara Afrika menyerbu pagar perbatasan Ceuta-Maroko setinggi enam meter.

Pria Afrika sembunyi di dalam koper (EPA/SPANISH CIVIL GUARD)

Ceuta, wilayah Spanyol yang berada di pantai utara Afrika menjadi tujuan para migran asal Afrika. Segala cara dilakukan agar bisa masuk daerah itu. Mulai dari bersembunyi di dasbor dan bawah jok mobil, atau bersembunyi di dalam koper. Ada juga yang nekad memanjau dinding demarkasi perbatasan Ceuta. Waduh..

Berhasil masuk secara ilegal ke Ceuta jadi impian para migran asal negara miskin di Afrika. Pasalnya, mereka yang berhasil melompati pagar perbatasan Ceuta-Maroko pada akhirnya direpatriasi.

Baru-baru ini, polisi Spanyol menangkap dua warga Maroko yang mau menyelundukan tiga migran Afrika. Dua orang berasal dari Guinea bersembunyi di dalam dasbor dan di bawah jok mobil yang didesain sedemikian rupa agar bisa mengelabui petugas.

Kedua orang tersebut langsung mendapat pertolongan medis karena mereka sulit bernapas.

Polisi juga menemukan seorang pemuda Afrika, yang diduga berasal dari Gabon, bersembunyi di dalam koper seorang perempuan Maroko berusia 22 tahun. Perempuan itu dituding mencoba menyelundupkan sang pemuda ke Ceuta.

Penyelundupan manusia itu terbongkar ketika polisi memeriksa sebuah mobil di perbatasan antara Maroko dan Ceuta, sebuah wilayah Spanyol yang terpisah dari daratan utama Eropa.

Insiden itu berlangsung ketika 1.100 migran asal sub-Sahara Afrika menyerbu pagar perbatasan Ceuta-Maroko setinggi enam meter.

Seperti dilansir BBC, tidak ada migran yang menembus masuk wilayah Ceuta, namun 50 warga Maroko dan lima penjaga perbatasan Spanyol menderita cedera. Dua orang yang mencoba memanjat pagar juga mengalami luka-luka dan dibawa ke rumah sakit di Ceuta.

Penyerangan serupa terjadi pada 9 Desember lalu yang melibatkan 400 migran asal Afrika. Upaya seperti itu berulang kali terjadi di perbatasan Ceuta dan Melila, wilayah lain Spanyol di Afrika Utara.

 

 

 

KEYWORD :

penyelundupan manusia Ceuta Spanyol




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :