Kamis, 09/05/2024 18:55 WIB

Eks PM Jepang Shinzo Abe Ditembak saat Berpidato

Eks PM Jepang Shinzo Abe Ditembak saat Berpidato

Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe (Foto: Dai Kurokawa/EPA)

Tokyo, Jurnas.com - Mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, jatuh tersungkur usai ditembak oleh orang tak dikenal. Peristiwa itu terjadi ketika dia sedang berpidato di Kota Nara, Jepang pada Jumat (8/7).

Dikutip dari BBC, Abe ditembak dua kali. Tembakan kedua mengenai punggungnya yang menyebabkan dia jatuh ke tanah. Penembak berhasil diamankan petugas keamanan.

"Mantan perdana menteri Abe ditembak sekitar pukul 11.30 waktu setempat di Nara. Seorang pria, yang diyakini sebagai penembak, telah ditahan. Kondisi mantan perdana menteri Abe saat ini tidak diketahui," terang Kepala Sekretaris Kabinet, Hirokazu Matsuno.

"Apapun alasannya, tindakan biadab seperti itu tidak akan pernah bisa ditoleransi, dan kami mengutuk keras," tegas dia.

Menurut video yang beredar di media sosial, tampak paramedis berkerumumn di sekitar Abe yang terkapar di tengah jalan. Dia langsung dibawa ke rumah sakit pasca peristiwa penembakan itu.

Menurut saksi mata di lokasi kejadian, penembakan berlangsung saat Abe sedang memberikan pidato untuk salah seorang kandidat di Nara. Tak lama kemudian, muncul pria bersenjata dari belakangnya.

Tembakan pertama sempat meleset, namun tembakan kedua berhasil mengenai Abe dari belakang. Abe jatuh dengan pendarahan, dan aparat keamanan dengan sigap menahan penembak tersebut.

Laporan media lokal mengklaim bahwa penyerang itu mantan anggota Pasukan Bela Diri Maritim Jepang, yang setara dengan angkatan laut.

KEYWORD :

Shinzo Abe PM Jepang Penembakan Perdana Menteri




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :