Rabu, 01/05/2024 01:16 WIB

Mobil

Lima Mobil Listrik Ini Siap Guncang Dunia

Hadirnya mobil listrik masa depan generasi terbaru dengan biaya pengembangan baterai lebih murah, kini bukan lagi gosip. Lantas mobil listrik apa saja yang termasuk di dalamnya?

Nissan IDS Concept 2015 / Cheatsheet

Los Angeles – Hadirnya mobil listrik masa depan generasi terbaru dengan biaya pengembangan yang lebih murah, saat ini sudah bukan lagi gosip.

Mobil listrik dengan teknologi canggih berbanderol murah dan memiliki daya jelajah lebih jauh, kini siap bersaing dan mengubah peta otomotif dunia.

Jika sebelumnya dibayangkan ada kendaraan listrik dengan daya hingga 200 mil atau 321,8 km, sekarang ini mobil tanpa BBM dengan kemampuan seperti itu benar-benar bakal terwujud. Bahkan harganya pun bisa tembus sekitar US$35.000 atau Rp476,6 juta.

Dalam waktu dekat ini, mungkin Anda akan menjadi saksi atas kelahiran sejumlah mobil plug-in yang berpotensi menciptakan standar baru bagi kendaraan tanpa BBM ini.

Bila selama ini pabrikan mobil Tesla begitu jemawa dan berkuasa di segmen mobil listrik berperforma tinggi, maka dalam waktu kurang dari setahun ke depan, merek mobil listrik asal Negeri Paman Sam ini harus rela berbagi rezeki dengan sejumlah merek lain.

Sampai dengan tahun 2020, seperti dilansir Carscoops, mayoritas mobil listrik generasi anyar tersebut bakal segera hadir di AS. Berikut lima mobil listrik yang diprediksi bisa mengubah lanskap otomotif dunia:

  1. Tesla Model 3

Produsen mobil Tesla telah menargetkan daya jelajah produknya akan menempuh sejauh 200 mil (321,8 km). Sejauh ini, Tesla Model 3 adalah satu-satunya produk dari perusahaan milik Elon Musk ini yang memiliki kemampuan itu. Tesla kini tengah mengebut proses produksi Model 3 demi mengejar target pengiriman kepada konsumen, yang kabarnya akan meluncur akhir 2017 mendatang.

  1. VW e-Golf

Volkswagen memang tak banyak meluncurkan mobil listrik di AS, tapi kehadiran e-Golf generasi baru diyakini dapat meramaikan persaingan di Negeri Paman Sam. Menurut VW, versi listrik dari model Golf ini bakal meluncur pada 2018, dengan daya jelajah sejauh 186 mil.

  1. Chevrolet Bolt EV

Mobil racikan General Motors ini kabarnya meluncur pada akhir 2016 dengan menyandang nama Chevrolet Bolt EV. Chevrolet mengatakan Bolt dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 7 detik atau kurang. Untuk harganya dibanderol mulai dari $37.500 (Rp510 jutaan) sebelum mendapat insentif pajak.

  1. SUV Listrik Hyundai

Selain Tesla Model 3 yang berjenis SUV, Hyundai juga berencana melahirkan SUV listrik dengan daya jelajah yang mirip dengan Tesla. Sumber di Hyundai mengatakan produk ini kemungkinan hadir pada 2018.

  1. Nissan Leaf 2.0

Walaupun belum menampakkan sosoknya, namun beredar kabar bahwa mobil listrik andalan Nissan generasi anyar ini dapat menjelajah sejauh sekitar 321 km. Nissan menyebutkan bahwa motor listrik yang digendong model ini berkapasitas 60 kWh. Diprediksi mobil listrik ini bakal hadir sebagai model 2018. [yog]

 

KEYWORD :

Mobil Listrik Plug-in hybrid Mobil Ramah Lingkungan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :