Jum'at, 17/05/2024 07:47 WIB

Rusia Klaim Hampir 700 Pejuang Ukraina Menyerah dalam 24 Jam Terakhir

Rusia klaim hampir 700 pejuang Ukraina menyerah dalam 24 jam terakhir

Pemandangan kota Mariupol yang terkepung dari udara pada 12 April 2022. (Foto: AFP/Andrey BORODULIN)

JAKARTA, Jurnas.com - Rusia mengatakan, hampir 700 lebih pejuang Ukraina menyerah di pabrik baja Mariupol dalam 24 jam terakhir. Namun, para pemimpin dilaporkan masih bersembunyi di dalam area pabrik

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, dengan menyerahnya 694 pejuang, berarti total 959 orang kini telah meletakkan senjata mereka di pabrik baja Azovstal yang luas - benteng terakhir para pembela Ukraina di kota itu.

Jika dikonfirmasi, pengumuman Rusia akan memecahkan banyak misteri seputar nasib ratusan pejuang di dalam pabrik, sejak Ukraina mengumumkan pada hari Selasa bahwa mereka telah memerintahkan seluruh garnisun untuk mundur.

Kementerian pertahanan Ukraina, yang sejauh ini mengkonfirmasi hanya sekitar 250 yang meninggalkan pabrik, tidak segera menanggapi permintaan komentar tertulis.

Pemimpin separatis pro-Rusia yang menguasai daerah itu dikutip oleh kantor berita lokal mengatakan bahwa komandan utama di dalam pabrik belum menyerah: "Mereka belum pergi", kata kantor berita DAN mengutip Denis Pushilin.

Penyerahan terakhir Mariupol akan mengakhiri pengepungan hampir tiga bulan di kota yang pernah makmur berpenduduk 400.000 orang, di mana Ukraina mengatakan puluhan ribu warga sipil tewas di bawah pengepungan dan pemboman Rusia, banyak yang terkubur di kuburan massal.

Kyiv dan Moskow sama-sama mengatakan pada Selasa bahwa sekitar 250 orang meninggalkan pabrik, memberikan sedikit petunjuk tentang nasib ratusan lainnya yang diyakini berada di dalam.

Ukraina mengatakan tidak akan mengungkapkan berapa banyak yang ada di sana sampai operasi untuk menyelamatkan mereka semua selesai.

Pejabat Ukraina telah berbicara tentang harapan untuk mengatur pertukaran tahanan dengan pembela Mariupol yang mereka gambarkan sebagai pahlawan nasional. Moskow mengatakan tidak ada kesepakatan seperti itu yang dibuat untuk para pejuang yang disebutnya Nazi.

Rusia mengatakan lebih dari 50 pejuang yang terluka telah dibawa untuk perawatan ke rumah sakit, dan yang lainnya telah dibawa ke penjara yang baru dibuka kembali, keduanya di kota-kota yang dikuasai oleh separatis pro-Rusia.

Wartawan Reuters telah mendokumentasikan bus yang membawa pejuang yang ditangkap ke kedua lokasi.

Kremlin mengatakan Putin secara pribadi menjamin perlakuan manusiawi terhadap mereka yang menyerah, tetapi politisi Rusia terkemuka secara terbuka menyerukan agar mereka tidak pernah ditukar, atau bahkan untuk dieksekusi.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Rusia Pabrik Baja Mariupol Ukraina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :