Minggu, 19/05/2024 00:54 WIB

Polandia Kirim Tank ke Ukraina

Ukraina telah berulang kali meminta Barat untuk segera memasok lebih banyak senjata, terutama alat berat, ketika pasukan Rusia melanjutkan ofensif mereka di negara itu.

Seorang anggota layanan Ukraina mengendarai tank T-72 Rusia yang ditangkap, di desa Lukianivka yang baru saja dibebaskan, di wilayah Kyiv, Ukraina 27 Maret 2022. Reuters/Serhii Nuzhnenko/File Photo

JAKARTA, Jurnas.com - Polandia telah mengirim tank ke Ukraina. Hal tersebut dikonfirmasi Perdana Menteri Polandia, Mateusz Morawiecki pada Senin (25/4) tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Ukraina telah berulang kali meminta Barat untuk segera memasok lebih banyak senjata, terutama alat berat, ketika pasukan Rusia melanjutkan ofensif mereka di negara itu.

"Ya," kata Morawiecki ketika ditanya apakah Polandia telah atau akan mengirim tank ke Ukraina. Ia menolak untuk mengungkapkan rincian lebih lanjut termasuk jumlah tank yang dikirim.

Pada Maret Polandia mengatakan siap untuk mengerahkan semua jet MiG-29 ke Pangkalan Udara Ramstein di Jerman dan menyerahkannya kepada Amerika Serikat, tetapi Washington menolak tawaran kejutan.

"Tidak ada kebutuhan seperti itu, tidak ada tuntutan seperti itu, tidak ada permintaan seperti itu," kata Morawiecki ketika ditanya apakah pengiriman pesawat ke Ukraina masih dipertimbangkan.

Sementara itu, juru bicara pemerintah Jerman mengatakan, pihaknya akan segera memutuskan apakah akan menyetujui pengiriman 100 kendaraan tempur infanteri tua Marder ke Ukraina. Jika hal itu terjadi, maka akan menjadi pengiriman senjata berat Jerman pertama ke Ukraina.

Perusahaan pertahanan Jerman Rheinmetall RHMG.DE telah meminta persetujuan untuk mengekspor kendaraan ke Ukraina yang bertujuan untuk memulihkannya selama beberapa bulan mendatang sebelum mengirimkannya.

Rheinmetall juga meminta persetujuan mengekspor 88 tank Leopard 1A5 tua ke Ukraina. Langkah Rheinmetall diatur untuk memaksa Kanselir Olaf Scholz untuk mengambil posisi yang jelas tentang apakah senjata berat dapat dikirim langsung dari Jerman ke Ukraina.

Kesepakatan memerlukan persetujuan dari dewan keamanan nasional, yang diketuai oleh Scholz.

Permintaan Ukraina untuk senjata berat telah meningkat sejak Moskow mengalihkan ofensifnya ke wilayah timur Donbas, wilayah yang dianggap lebih cocok untuk pertempuran tank daripada daerah sekitar Kiev, di mana sebagian besar pertempuran telah terjadi sejauh ini.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Polandia Mateusz Morawiecki Jet MiG-29 Ukraina Rusia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :