Jum'at, 10/05/2024 04:49 WIB

Warga Jakarta Timur Sambut Antusias Gelaran Pangan Murah Kementan

Gelaran GPM ini disambut dengan sangat antusias oleh masyarakat sekitar karena harga yang dipatok jauh lebih murah dari harga pasar.

Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan) menyelenggarakan Gelar Pangan Murah (GPM) di Kelurahan Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Jakarta Timur, Minggu (17/4).

Ciracas, Jurnas.com - Jelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN), harga pangan cenderung mengalami kenaikan karena adanya peningkatan permintaan.

Guna menjaga stabilitas harga, Pasar Mitra Tani (PMT)/Toko Tani Indonesia Center binaan Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan) menyelenggarakan Gelar Pangan Murah (GPM) di Kelurahan Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Jakarta Timur, Minggu (17/4).

Gelaran GPM ini disambut dengan sangat antusias oleh masyarakat sekitar karena harga yang dipatok jauh lebih murah dari harga pasar.

Lurah Kelapa Dua Wetan, Sri Mulyati mengungkapkan, GPM ini merupakan permintaan langsung dari warganya untuk mendapatkan akses pangan berkualitas. "GPM ini merupakan realisasi dari permintaan warga kami untuk mendapatkan bahan pangan pokok dan strategis dengan harga terjangkau,"ujar Sri.

Direktur Jenderal Hortikultura, Prihasto Setyanto menyampaikan, sesuai arahan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, untuk mengawal ketersediaan pangan pokok di daerah dengan melibatkan secara aktif Pasar Mitra Tani (PMT)/Toko Tani Indonesia Center (TTIC) yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia.

"Keberadaan PMT/TTIC ini diharapkan dapat berperan memperpendek rantai pasok dengan mendekatkan sumber produksi pangan, sehingga mudah diakses masyarakat dengan harga terjangkau, terutama pada bulan Ramadan dan menjelang Idulfitri ini," kata Prihasto, saat dihubungi secara terpisah.

Dalam kegiatan GPM ini, PMT/TTIC menjual berbagai komoditas pangan yang dibutuhkan masyarakat, terutama bahan pangan pokok/strategis.

Harga beras premium Rp 45.000-55.000 per kg, minyak goreng Rp 22.000/liter, gula pasir Rp 13.500/kg, bawang merah Rp 24.000/kg, bawang putih Rp 22.000/kg, cabai keriting Rp 25.000/kg, cabai rawit Rp 25.000/kg, telur ayam Rp 23.300/kg, daging sapi Rp 85.000-95.000/kg, dan daging ayam beku Rp 31.000/kg.

Penjualan pangan murah tidak hanya dilakukan di outlet PMT/TTIC saja, tetapi turut digelar di sejumlah titik lokasi yang mudah dijangkau masyarakat, serta menyediakan layanan pesan-antar menggunakan berbagai aplikasi daring.

Beberapa GPM yang telah dilakukan seperti di Kemenko pada tanggal 4-5 April 2022, di Kecamatan Bogor Timur dan Kelurahan Grogol Jakarta Barat pada 14 April 2022.

"Tren permintaan bahan pangan memang biasanya mengalami kenaikan jelang Idulfitri. Oleh karena itu, kita bantu memfasilitasi masyarakat melalui Gelar Pangan Murah di beberapa lokasi untuk mendekatkan bahan pangan berkualitas langsung ke masyarakat," pungkas Direktur Perbenihan Hortikultura dan Koordinator TTIC, Inti Pertiwi Nashwari.

KEYWORD :

Pangan Murah Ditjen Hortikultura Prihasto Setyanto Pasar Mitra Tan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :