Senin, 29/04/2024 16:01 WIB

Rusia Bikin 4,8 Juta Warga Ukraina Tinggalkan Negaranya

UE melihat risiko tinggi perdagangan anak karena 3,3 juta orang Ukraina melarikan diri ke Eropa

JENEWA, Jurnas.com - Komisioner Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pengungsi (UNHCR) mencatat, sudah lebih dari 4,8 juta warga Ukraina telah meninggalkan negara mereka sejak invasi Rusia.

"Ketika orang Kristen merayakan kebangkitan pada Minggu Paskah yang suram ini, kita harus dengan keras kepala berharap bahwa di hari-hari, bulan-bulan dan tahun-tahun mendatang metode dan bahasa perang tidak akan menang atas mereka - lebih sulit, lebih rumit - yang mengarah pada perdamaian," kata Ketua UNHCR, Filippo Grandi, dikutip dari AFP.

UNHCR mengatakan 4.869.019 juta orang Ukraina telah meninggalkan negara itu sejak Rusia menginvasi pada 24 Februari, naik 32.574 dari total pada Sabtu (16/4).

Organisasi Internasional untuk Migrasi PBB (IOM) mengatakan hampir 215.000 warga negara ketiga, sebagian besar pelajar dan pekerja migran  juga telah melarikan diri ke negara-negara tetangga, yang berarti lebih dari lima juta orang telah meninggalkan Ukraina sejak perang dimulai.

Ini adalah salah satu perpindahan yang tumbuh paling cepat dan krisis kemanusiaan yang pernah ada. Lebih dari 2,75 juta pengungsi Ukraina telah melarikan diri ke Polandia. Hampir 740.000 mencapai Rumania.

Angka UNHCR menunjukkan hampir 645.000 warga Ukraina melarikan diri pada Februari, dengan hampir 3,4 juta melakukannya pada Maret dan lebih dari 830.000 meninggalkan sejauh bulan ini.

Wanita dan anak-anak menyumbang 90 persen dari mereka yang melarikan diri, dengan pria berusia 18 hingga 60 tahun memenuhi syarat untuk panggilan militer dan tidak dapat pergi.

Hampir dua pertiga dari semua anak Ukraina telah dipaksa meninggalkan rumah mereka, termasuk mereka yang masih berada di dalam negeri.

Di luar pengungsi, IOM memperkirakan 7,1 juta orang telah meninggalkan rumah mereka tetapi masih berada di Ukraina.

"Di musim pembaruan ini, pikiran kami bersama semua orang yang terpaksa meninggalkan rumah mereka dan harus membangun kembali kehidupan yang mereka tinggalkan," kata UNHCR.

Sebelum invasi, Ukraina memiliki populasi 37 juta jiwa di wilayah-wilayah di bawah kendali pemerintah, tidak termasuk Krimea yang dicaplok Rusia dan wilayah-wilayah yang dikuasai separatis pro-Rusia di timur.

Berikut adalah rincian berapa banyak pengungsi Ukraina yang melarikan diri ke negara-negara tetangga, menurut UNHCR:

POLANDIA
Hampir enam dari 10 pengungsi Ukraina - 2.763.786 sejauh ini - telah menyeberang ke Polandia.

Banyak orang yang pergi ke tetangga barat langsung Ukraina melakukan perjalanan ke negara bagian lain di zona perbatasan terbuka Schengen Eropa.

RUMANIA
Sebanyak 738.862 orang Ukraina memasuki negara anggota Uni Eropa, termasuk sejumlah besar yang menyeberang dari Moldova, terjepit di antara Rumania dan Ukraina.

Sebagian besar diperkirakan telah pergi ke negara lain.

RUSIA
484.725 pengungsi lainnya telah mencari perlindungan di Rusia.

Selain itu, 105.000 orang menyeberang ke Rusia dari wilayah Donetsk dan Luhansk yang dikuasai separatis di Ukraina timur antara 18 dan 23 Februari.

HUNGARIA
Sebanyak 458.654 warga Ukraina telah memasuki Hungaria.

MOLDOVA
Perbatasan Moldova adalah yang paling dekat dengan kota pelabuhan utama Odessa. Sebanyak 422.550 orang Ukraina telah menyeberang ke negara non-UE, salah satu yang termiskin di Eropa.

Sebagian besar dari mereka yang telah memasuki bekas republik Soviet yang berpenduduk 2,6 juta orang telah pindah, tetapi diperkirakan masih ada 100.000, termasuk 50.000 anak-anak - di antaranya hanya 1.800 yang terdaftar di sekolah.

SLOVAKIA
Sebanyak 335.243 orang melintasi perbatasan terpendek Ukraina ke Slovakia.

BELARUS
22.827 pengungsi lainnya telah berhasil mencapai utara ke sekutu dekat Rusia, Belarusia.

Sumber: AFP

KEYWORD :

Invasi Rusia Warga Ukraina Filippo Grandi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :