Kamis, 09/05/2024 18:37 WIB

Didukung Berbagai OKP dan Komit Satukan KNPI, Ryano Panjaitan Optimis Jadi Ketua Umum

Jadi alasan majunya saya sebagai Ketum KNPI adalah panggilan jiwa untuk mendorong dunia bisnis kepada pemuda yang bernaung di organisasi kepemudaan. Tujuannya agar pemuda mempunyai peran dalam berbisnis.

Calon Ketua Umum KNPI Muhammad Ryano Satrya Panjaitan (kemeja putih) usai deklarasi pencalonan di salah satu hotel kawasan Jakarta, Kamis (7/4). (Foto: Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Muhammad Ryano Satrya Panjaitan resmi mencalonkan diri sebagai Ketua Umum KNPI periode 2022-2026. Deklarasi pencalonan dirinya di lakukan di salah satu hotel kawasan Jakarta, Kamis (7/4).

Menurutnya, salah satu alasan dia mencalonkan diri karena telah mendapatkan dukungan dari berbagai organisasi kepemudaan (OKP).

"Jadi alasan majunya saya sebagai Ketum KNPI adalah panggilan jiwa untuk mendorong dunia bisnis kepada pemuda yang bernaung di organisasi kepemudaan. Tujuannya agar pemuda mempunyai peran dalam berbisnis," tegas Presiden Perserikatan Organisasi Kepemudaan Nasional (Poknas) ini usai deklarasi.

Ryano bersyukur kepercayaan dukungan terus berdatangan dari OKP. Soal apakah ada dukungan juga dari kalangan pemerintah, dia masih enggan mengelaborasi lebih jauh.

"Alhamdulullah sudah banyak temen-temen dari berbagai organisasi kepemudaan memberikan dukungan kepada saya. Tentu dukungan ini menjadi kepercayaan yang saya harus jalankan dengan baik," tegasnya.

Terlepas dari itu, lanjut Ryano, keinginan untuk maju sebagai ketua umum juga merupakan komitmen untuk menyatukan KNPI menjadi satu pimpinan. Dia juga menggagas dan mengusung Visi Activistpreneur, sebuah ide untuk mendorong aktivis muda memiliki kemandirian ekonomi dan tidak sekedar mengejar politik kekuasaan/jabatan, yang berujung pada pragmatisme (Politik transaksional).

"Saya ingin mendorong spirit pergerakan pemuda sebagai agen transformasi di era 4.0 menuju Society 5 0. Gagasan ini diharapkan jadi diskursus publik sebagai gagasan orisinilnya mendorong transformasi politik kekuasaan menuju politik kesejahteraan dalam memajukan Indonesia menuju se-abad Republik Indonesia di 2045," ungkapnya.

Untuk itu, Ryano Satrya Panjaitan berharap Kongres mendatang berlangsung secara fair dan berjalan dengan baik. "Bismillah, saya siap untuk berkompetisi secara sehat, fair dan demokratis sesuai dengan mekanisme yang ditetapkan secara organisasi oleh DPP KNPI," jelasnya.

Harapan lain, Kongres penyatuan KNPI kali ini akan menjadi akhir dari polemik yang terjadi di tubuh KNPI. Dirinya juga berharap semoga organisasi Kepemudaan ditingkat nasional bersatu untuk menyukseskan Kongres penyatuan tersebut.

"Kita tentu berharap, Kongres ini adalah Kongres penyatuan dan mengakhiri polemik selama ini. Kita harus menjadi pemuda yang kuat, dan untuk mewujudkan itu kita harus bersatu, Pemuda Solid - Indonesia Bangkit," ujarnya.

Seperti diketahui Kongres XVI Pemuda/KNPI akan diselenggarakan tanggal 8-10 April 2022 di Hotel Sultan, Jakarta.

Dalam Kongres disebutkan akan dihadiri oleh seluruh OKP yang berhimpun di KNPI dan Seluruh DPD KNPI se Indonesia.

KEYWORD :

KNPI calon ketua umum Muhammad Ryano Satrya Panjaitan deklarasi pencalonan OKP pemuda




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :