Jum'at, 17/05/2024 05:17 WIB

LLDikti III Kawal Untar Jadi World Class University

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III Jakarta, menyiapkan tim khusus untuk mengawal Universitas Tarumanagara (Untar) menjadi World Class University (WCU).

Universitas Tarumanagara (Foto: Doknet)

Jakarta, Jurnas.com - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III Jakarta, menyiapkan tim khusus untuk mengawal Universitas Tarumanagara (Untar) menjadi World Class University (WCU).

Hal ini disampaikan oleh Kepala LLDikti Wilayah III, Paristiyanti Nurwardani, dalam Rapat Kerja Tahunan Universitas Tarumanagara 2022, pada Senin (28/3) lalu.

"Kami sebagai tim lembaga layanan pendidikan tinggi di Jakarta, sangat siap meningkatkan mutu dosen maupun institusi agar segera mencapai visi dan misinya. Khusus untuk Untar kami siapkan tim agar dapat mengawal Untar menjadi World Class University," ujar Paris.

Paris juga mengajak seluruh sivitas akademik Untar, agar menguatkan kolaborasi tri dharma perguruan tinggi, yakni pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dengan dunia industri dan komunitas.

Untar juga didorong mengidentifikasi masalah yang ada di sekitar secara nasional maupun dunia, dengan menyuguhkan berbagai solusi. Apalagi, ke depannya dibutuhkan kompetensi dalam hal big data dan kecerdasan artifisial, yang terintegrasi dalam berbagai aspek kehidupan.

"Tentunya hal ini perlu keselasaran antara soft skill dan hard skill yang diperoleh mahasiswa dalam proses pembelajaran di kampus," terang Paris.

Rektor Untar, Agustinus Purna Irawan menambahkan bahwa Untar saat ini menjadi acuan bagi beberapa perguruan tinggi, dalam kaitannya dengan implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Ditegaskan pula bahwa pihak perguruan tinggi perlu mengembangkan proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif, agar memberikan pengalaman komprehensif bagi mahasiswa.

"Seperti kegiatan yang dilakukan para mahasiswa Fakultas Psikologi Untar membangun desa atau sering disebut KKN (Kuliah Kerja Nyata) di Kabupaten Indramayu, khususnya Desa Tamansari," kata Agusnitus.

"Melalui kegiatan ini, para mahasiswa dapat mempelajari banyak hal, tidak saja kemampuan akademik yang diperoleh selama kuliah tetapi juga belajar tentang kehidupan, manajemen waktu, kemandirian, berbagi dengan sesama, dan bekerja tim. Pastinya kegiatan ini sangat bermanfaat untuk bekal masa depan," imbuh dia.

KEYWORD :

LLDikti III Paristiyanti Nurwardani Universitas Tarumanagara Untar World Class University




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :