Senin, 29/04/2024 14:03 WIB

Pemerintah Harus Jelaskan China "Serbu" Indonesia

Pemerintah diminta menjelaskan kepada publik terkait maraknya warga negara asing (WNA) khususnya warga China yang marak masuk ke Indonesia.

Ilustrasi TKA

Jakarta - Pemerintah diminta menjelaskan kepada publik terkait maraknya warga negara asing (WNA) khususnya warga China yang marak masuk ke Indonesia. Sebab, WNA asal China mulai "menyerbu" dan menjadi persoalan di beberapa wilayah Indonesia.

Pengamat Politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro merasa prihatin bahwa semua pihak yang memiliki tanggungjawab untuk menjelaskan isu tersebut kepada rakyat saat ini seolah diam.

"Seharusnya Menkumham bisa menjelaskan berapa banyak turis China yang masuk ke Indonesia, berapa banyak yang bekerja di Indonesia. Menakertrans juga seharusnya bisa menjelaskan berapa banyak tenaga kerja legal dan ilegal dari China. Begitu juga Menlu harus bisa menjelaskan bagaimana hubungan Cina dan Indonesia," kata Siti, ketika dihubungi, Jakarta, Selasa (20/12).

Kata Siti, pembangunan saat ini tidak lagi berpihak pada bangsa sendiri. Sebab, bangsa yang besar ini tidak memiliki saringan atau filter terhadap apapun pengaruh dari asing.

"Ngga usah jauh-jauh, kalau kita mau masuk Singapura saja, muka petugas imigrasinya tidak bersahabat. Masak masuk Indonesia yang adalah negara yang jauh lebih besar dari Singapura semua bebas masuk tanpa filter?" tegasnya.

KEYWORD :

WNA Bebas Visa TKA asal China




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :