Sabtu, 04/05/2024 02:11 WIB

Perdagangan Anak Bisa Menimpa Para Pengungsi Ukraina

Sekitar setengah dari 3,3 juta orang Ukraina yang telah melarikan diri ke negara-negara Uni Eropa sejak dimulainya perang adalah anak-anak, dan jutaan lagi diperkirakan akan datang.

Pengungsi Ukraina berkumpul di stasiun kereta utama setelah melarikan diri dari invasi Rusia ke Ukraina, di Krakow, Polandia, 15 Maret 2022. Gambar diambil 15 Maret 2022. REUTERS/Fabrizio Bensch

JAKARTA, Jurnas.com - Komisioner Migrasi Uni EropaYlva Johansson memperingatkan pada Senin bahwa anak-anak Ukraina dalam bahaya diperdagangkan saat mereka melarikan diri dari negara mereka dari invasi Rusia.

Johansson mengatakan pada konferensi pers di Estonia bahwa sekitar setengah dari 3,3 juta orang Ukraina yang telah melarikan diri ke negara-negara Uni Eropa sejak dimulainya perang adalah anak-anak, dan "jutaan lagi" diperkirakan akan datang.

Ukraina memiliki sejumlah besar anak yatim dan anak-anak yang lahir melalui ibu pengganti yang tidak dijemput oleh orang tua mereka. Itu meningkatkan risiko bahwa mereka dapat diculik atau menjadi korban adopsi paksa, katanya.

"Ada risiko besar anak-anak yang rentan diperdagangkan," katanya dikutip dari Reuters pada Senin (21/3).

Ia mencatat bahwa sejauh ini sangat sedikit anak-anak tanpa pendamping yang dilaporkan di perbatasan UE, dan hanya sedikit laporan tentang perdagangan manusia.

Namun, pasukan polisi, aktivis dan organisasi perempuan Ukraina telah mengisyaratkan beberapa kasus "mengkhawatirkan", katanya, mencatat bahwa dalam situasi migrasi massal masa lalu pelanggaran ini biasa terjadi.

"Kita tidak boleh menunggu sampai kita memiliki bukti banyak perdagangan karena mungkin sudah terlambat," kata Johansson, seraya menambahkan bahwa kampanye kesadaran besar tentang risiko ini harus segera dilakukan.

Dia mengatakan bahwa risiko dapat muncul di perbatasan di mana penjahat yang menyamar sebagai penolong dapat mengambil keuntungan dari orang-orang rentan yang menawarkan perlindungan kepada para migran yang tiba.

KEYWORD :

Uni Eropa Ylva Johansson Invasi Rusia Ukraina Perdagangan Anak




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :