Rabu, 01/05/2024 09:50 WIB

Protes Invasi Moskow ke Ukraina, 750 Pengunjuk Rasa Ditahan Polisi Rusia

Kremlin mengesahkan undang-undang yang mulai berlaku pada 4 Maret yang mengkriminalisasi pelaporan perang independen dan protes terhadap perang, dengan hukuman hingga 15 tahun penjara.

Polisi menahan seorang pengunjuk rasa di pusat kota Moskow pada 13 Maret 2022. (Foto: AFP)

Moskow, Jurnas.com - Lebih dari 750 orang telah ditangkap di kota-kota di seluruh Rusia karena memprotes invasi Moskow ke Ukraina, yang sekarang memasuki minggu ketiga.

Dikutip dari Aljazeera, kelompok pemantau independen, OVD-Info mengatakan polisi telah menangkap sedikitnya 756 orang selama demonstrasi di 37 kota Rusia – dengan sekitar setengahnya di ibu kota Rusia, Moskow.

Sejak Presiden Vladimir Putin memerintahkan invasi darat, udara dan laut ke Ukraina pada 24 Februari, OVD-Info telah melaporkan lebih dari 14.000 penangkapan sehubungan dengan tindakan anti-perang, menurut situs webnya. Dari jumlah tersebut, lebih dari 170 orang telah ditahan.

Kremlin mengesahkan undang-undang yang mulai berlaku pada 4 Maret yang mengkriminalisasi pelaporan perang independen dan protes terhadap perang, dengan hukuman hingga 15 tahun penjara.

 

"Sangat sulit bagi orang untuk turun ke jalan dan memprotes," kata Bernard Smith dari Al Jazeera, melaporkan dari Moskow.

"Siapa pun yang mencoba keluar atau terlihat seperti pengunjuk rasa telah diseret dengan kasar," katanya, menambahkan bahwa dalam satu kasus, seorang wanita diseret hanya karena memegang selembar kertas putih kosong.

Seorang wartawan kantor berita AFP yang hadir pada protes di ibukota Moskow menyaksikan setidaknya puluhan penangkapan dan seorang wanita diseret pergi hanya karena memegang selembar kertas putih kosong.

Seorang wanita muda meneriakkan "damai untuk dunia" saat dia dibawa pergi oleh dua polisi, menurut AFP.

Beberapa polisi anti huru hara memiliki huruf "Z" dengan warna bendera Rusia di helm mereka, kata reporter AFP. Huruf itu, terlihat di tank Rusia di Ukraina, simbol dukungan untuk apa yang disebut Moskow sebagai "operasi militer khusus" untuk "mendenazifikasi" Ukraina.

Di kota kedua Rusia Saint Petersburg, AFP melaporkan beberapa penangkapan, termasuk seorang pengunjuk rasa yang diseret di tanah. Nevsky Avenue pusat kota ditutup oleh polisi, dengan selusin mobil polisi diparkir di sepanjang jalan. Menurut AFP, beberapa wartawan juga ditahan.

Mengenakan topi kuning dan jaket biru, Kristina yang berusia 20 tahun mengatakan dia "mengekspresikan protesnya" dengan mengenakan warna bendera Ukraina.

"Menakutkan untuk pergi ke luar, tentu saja, mereka menahan semua orang. Banyak teman saya telah ditahan dalam beberapa hari terakhir, beberapa bahkan dikeluarkan dari universitas," katanya kepada AFP.

Akhir pekan lalu, polisi menangkap lebih dari 5.000 pengunjuk rasa di seluruh Rusia.

KEYWORD :

Invasi Rusia Ukraina Pengunjuk Rasa Operasi Khusus




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :