Minggu, 19/05/2024 06:15 WIB

Siaga Perang, AS: Ukraina Butuh Rp14 Triliun Dana Kemanusiaan

Anggota senior Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat (DPR AS), Barbara Lee, mengusulkan dana kemanusiaan sebesar US$1 miliar (Rp14 triliun) untuk Ukraina, apabila perang dengan Rusia meletus.

Gedung Putih Amerika Serikat (Foto: Doknet)

Washington, Jurnas.com - Anggota senior Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat (DPR AS), Barbara Lee, mengusulkan dana kemanusiaan sebesar US$1 miliar (Rp14 triliun) untuk Ukraina, apabila perang dengan Rusia meletus.

Lee mengungkapkan bahwa saat ini Ukraina menghadapi penumpukan pasukan Rusia di dekat perbatasannya. Dana kemanusiaan itu, lanjut Lee, juga merupakan dukungan DPR AS terhadap upaya Presiden AS Joe Biden untuk meningkatkan ekonomi Ukraina.

"Pemerintah (Biden) telah berkomitmen kepada kami bahwa jika terjadi konflik, selama 12 bulan ke depan ada kebutuhan setidaknya $1 miliar untuk kebutuhan kemanusiaan," ujar Lee dalam konferensi pers bersama anggota dewan lainnya, Nancy Pelosi dikutip dari Reuters pada Kamis (24/2).

Seperti diketahui, pasca Presiden Vladimir Putin mengakui kemerdekaan Donbass dua wilayah di timur Ukraina yakni Donetsk dan Luhansk, Rusia mengerahkan pasukannya ke wilayah tersebut.

Hal ini memicu kemarahan dari Barat, termasuk AS dan sekutu NATO, yang berujung serangkaian sanksi untuk Moskow. Yang terbaru, Jerman menghentikan persetujuan final proyek Nord Stream 2, pipa gas alam terbesar dari Rusia ke Berlin.

Berdasarkan informasi dari sejumlah saksi mata yang dikutip berbagai media asing, tank-tank dan sistem peluncur rudal Rusia tampak bergerak memasuki Donbass.

KEYWORD :

Rusia vs Ukraina Amerika Serikat Dana Kemanusiaan Barbara Lee




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :