Selasa, 30/04/2024 11:59 WIB

Mendag Sebut Indonesia Sedang Bertransformasi Bidang Perdagangan

kita punya tantangan pada tahun ini, bagaimana kita bisa membuat pendapatan per kapita tiga kali lipat agar bisa keluar dari middle income menjadi negara pedapatan menengah atas.

Menteri Perdagangan Republik Indonesia Muhammad Lutfi. (Jurnas/Humas Kemendag)

Jakarta, Jurnas.com - Indonesia telah menunjukkan transformasi yang baik pada periode 2021 lalu. Salah satunya menjadi negara penjual barang setengah jadi menjadi barang berteknologi tinggi. Hal itu disebabkan oleh komitmen banyak pihak untuk value added dari barang komoditas dasar pertambangan.

Selain itu juga dikarenakan market yang besar menjadi magnet investasi untuk menjadi sentra produksi. Demikian disampaikan Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi, dalam acara Gambir Talk secara daring, Rabu (23/2/2022).

"Hasil perdagangan tahun 2021 cukup membanggakan. Pertama, menunjukkan bahwa Indonesia sedang bertransformasi dari negara penjual barang setengah jadi, menjadi barang industri berteknologi tinggi," ungkap Mendag

Mendag mengatakan, hal itu disebabkan oleh komitmen banyak pihak untuk value added dari barang komoditas dasar pertambangan, selain itu juga dikarenakan market yang besar menjadi magnet investasi untuk menjadi sentra produksi.

Adapun transformasi lainnya, disebut Lutfi, saat ini Indonesia sudah resmi menjadi negara berpenghasilan menengah atau middle income trap. Ia pun optimistis pada 2022 ini Indonesia bisa menjadi negara pendapatan menengah atas.

"Ini capaian yang luar biasa setelah tahun 1998. Tapi kita punya tantangan pada tahun ini, bagaimana kita bisa membuat pendapatan per kapita tiga kali lipat agar bisa keluar dari middle income menjadi negara pedapatan menengah atas," ungkap dia.

Lanjutnya, untuk bisa mewujudkan hal itu, perlu beberapa cara. Disebutnya seperti investasi di dalam infrastruktur, dan dengan tranformasi teknologi. Di samping itu, kata Lutfi, untuk menjadikan Indonesia keluar dari kelas menengah Pemerintah harus menaikan PDB hingga tiga kali lipat sebelum demografi bonus berakhir.

"Karena yang bisa keluar dari middle income trap menjadi negara berpendapatan tinggi itu ketika orang tuanya lebih banyak daripada orang mudanya," terangnya. Lutfi menambahkan, meskipun pencapaian pada 2021 cukup membanggakan, namun Indonesia harus tetap terus gerak cepat.

KEYWORD :

Mendag Lutfi Transformasi Barang Setengah Jadi Barang Industri Berteknologi Tinggi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :