Senin, 13/05/2024 13:44 WIB

Erick Thohir Dinilai Bakal jadi Kuda Hitam Pilpres 2024

Menteri BUMN Erick Thohir dinilai memiliki peluang besar menjadi kuda hitam di Pilpres 2024. Pasalnya, elektabilitas Erick Thohir terus mengalami kenaikan setiap tahun.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir (Foto Jurnas/Humas Kementeruan BUMN)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri BUMN Erick Thohir dinilai memiliki peluang besar menjadi kuda hitam di Pilpres 2024. Pasalnya, elektabilitas Erick Thohir terus mengalami kenaikan setiap tahun.

Dalam Survei New Indonesia pada Juni 2020, Erick Thohir meraih 1,3 persen, sementara pada Februari 2022 elektabilitas Erick di angka 4 persen atau naik 2,7 persen.

"Peluang Erick menjadi kuda hitam terbuka, karena dinamika politik masih sangat cair. Erick harus terus menjaga performa dan citra di mata publik untuk mempertahankan elektabilitas tetap tinggi, bahkan menembus 3 besar," kata Direktur Eksekutif New Indonesia Research & Consulting Andreas Nuryono, Jumat (18/2).

Menurut Andreas, peningkatan elektabilitas Erick Thohir karena sukses melakukan terobosan dalam mengelola perusahaan negara. Erick juga dianggap memiliki track record kepemimpinan yang baik dan berhasil.

"Track record Erick sebagai pengusaha yang sukses, ditugasi Jokowi untuk membenahi BUMN. Aksi bersih-bersih dan holdingisasi BUMN mendapat citra positif. Karena itu menjadi harapan publik," ungkap Andreas.

Lebih lanjut, konten-konten Erick di media sosial dan kemunculan di media juga memberikan persepsi positif dari publik.

Bahkan, Erick juga diberi kepercayaan oleh presiden menjadi Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN).

Kemudian, Erick juga dinilai berhasil mengubah wajah BUMN dengan berbagai program yang memberikan berkontribusi besar bagi pertumbuhan ekonomi rakyat.

"Kunjungan Erick ke daerah mendapat sambutan bagus dari masyarakat. Khususnya pelaku usaha UMKM yang terbantu dengan program-program BUMN," ujar Andreas.

KEYWORD :

Erick Thohir Menteri BUMN Kuda Hitam Pilpres 2024




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :