Sabtu, 04/05/2024 16:14 WIB

Evergrande Digeruduk Ratusan Investor: Kembalikan Uang Kami!

Ratusan investor memenuhi halaman kantor perusahaan China, Evergrande Group, pada Selasa (4/1) di Guanzhou. Mereka mendesak perusahaan itu mengembalikan uang investasi.

Pengembang asal China, Evergrande (Foto: Reuters)

Guangzhou, Jurnas.com - Ratusan investor memenuhi halaman kantor perusahaan China, Evergrande Group, pada Selasa (4/1) di Guanzhou. Mereka mendesak perusahaan itu mengembalikan uang investasi.

"Evergrande, kembalikan uang kami!", demikian teriakan sekitar 100 investor dikutip dari Reuters. Mereka mengulangi nyanyian yang digunakan oleh investor dan pemasok yang tidak puas pada kondisi keuangan Evergrande.

Pada Jumat pekan lalu, Evergrande mengumumkan rencana untuk membayar investor dalam produk manajemen kekayaannya, mengumumkan bahwa masing-masing akan mendapatkan 8.000 yuan (US$1.256) per bulan, dalam pembayaran pokok selama tiga bulan mulai Januari, terlepas dari kapan investasi mereka jatuh tempo.

Sebelumnya, Evergrande juga setuju untuk membayar 10 persen pada akhir bulan ketika produk jatuh tempo, tanpa menentukan jumlahnya. Perubahan tersebut memicu ketakutan investor bahwa mereka tidak akan mendapatkan uang mereka kembali.

"Saya pikir itu tidak ada harapan, dan saya takut, tetapi jika kita tidak memperjuangkan hak-hak kita, itu lebih buruk," kata seorang pensiunan wanita yang berinvestasi satu juta yuan dalam produk manajemen kekayaan Evergrande.

"Ekonomi tidak baik saat ini, ini adalah orang-orang biasa dan mereka membutuhkan uang ini untuk anak-anak, untuk menghidupi orang tua mereka," sambung dia.

Hingga tengah hari, sekitar 60 dari mereka yang memprotes telah diamankan oleh aparat keamanan.

Terpikat oleh janji bagi hasil mendekati 12 persen, dengan hadiah seperti pembersih udara Dyson dan tas Gucci, dan jaminan dari pengembang terlaris di China, puluhan ribu investor membeli produk manajemen kekayaan melalui Evergrande.

Lebih dari 80.000 orang termasuk karyawan, keluarga dan teman mereka serta pemilik properti Evergrande membeli produk yang mengumpulkan lebih dari 100 miliar yuan dalam lima tahun terakhir.

"Kami khawatir kami akan dikorbankan," kata seorang pengunjuk rasa berusia 34 tahun yang bekerja di e-commerce dan hanya akan menyebut namanya sebagai Sophie, karena takut akan pembalasan dari pihak berwenang.

"Tidak apa-apa untuk orang yang lebih muda seperti saya, kami masih bisa mendapatkannya kembali, tapi saya khawatir dengan orang yang lebih tua yang memasukkan semuanya ke dalam ini," lanjut dia.

KEYWORD :

Evergrande Investor Pengembalian Uang Perusahaan Bangkrut Masalah Keuangan China




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :