Sabtu, 18/05/2024 20:14 WIB

Ekonomi Digital Diyakini Katrol Indonesia Masuk Top 3 Dunia

Mengatasi kesenjangan dengan lebih cepat dan efekti

Gita Wiryawan dan Christin Djuarto

Jakarta, Jurnas.com - Ekonomi Indonesia diprediksi bisa lompat masuk ke jajaran terdepan di dunia.

Hal ini terungkap dalam podcast EndGame Gita Wiryawan dengan Christin Djuarto. Gita Wiryawa adalah mantan Menteri Perdagangan RI, sedangkan Christin Djuarto saat ini menjabat Direktur Shopee Indonesia.

Christin mengatakan, pertumbuhan teknologi digital di Indonesia yang sangat cepat akan membawa perekonomian bangsa Indonesia terkatrol masuk ke jajaran terdepan negara-negara berkembang di dunia.

"Dampak dari digitalisasi ini sangat jelas, selain dapat meningkatkan produksi dan konsumsi juga dapat membuka banyak lapangan pekerjaan yang tentu memberikan sumbangsih kepada peningkatan perekonomian bangsa," ungkap Christin.

Kata Christin, kekuatan UMKM dan digitalisasi dapat menjadi katalis perekonomian Indonesia sebagai negara elit di Asia bahkan dunia.

“Saya sih bayangannya kalau 2045 itu Indonesia, berkat digitalisasi ini, udah bisa masuk ke top 3 dunia, melewati banyak negara-negara lainnya.” ujar Christin dengan nada optimis.

Christin mengatakan, ekonomi digital akan mengubah pasar menjadi lebih besar dengan adanya e-commerce. Karena akan sangat mudah untuk UMKM menjangkau ke seluruh Indonesia bahkan sampai ke seluruh dunia.

Ketika Gita Wiryawan bertanya, apa tantangan ekonomi digital Indonesia? Christin memaparkan bahwa masih banyak warga Indonesia yang belum memiliki literasi digital dengan baik, apalagi memanfaatkan platform digital untuk mengembangkan bisnis.

“Salah satu tantangannya adalah keterampilan digital. Itu kenapa kami juga membuka Kampus UMKM Shopee di berbagai kota, untuk membantu mengatasi kesenjangan ini dengan lebih cepat dan efektif,” tambahnya.

Christin menceritakan salah satu contoh dampak digitalisasi yaitu seorang pebisnis kain asal Bandung di tengah pandemi, yang justru bisa membantu mempekerjakan 100 orang yang banyak dari mereka terkena pemutusan kerja.

Maka dari itu, lanjut Christin, komitmen membantu melayani mereka yang belum terlayani melalui teknologi ini diwujudkan salah satunya dengan mendirikan Kampus UMKM.

"Di kampus ini para pelaku UMKM mendapatkan pendampingan dari hulu ke hilir," lanjutnya.

Pada kesempatan itu, Christin menjelaskan bahwa digitalisasi ekonomi juga memberi peluang besar bagi Perempuan Indonesia untuk berkontribusi terhadap perekonomian bangsa.

Sebagai pemimpin perempuan, Christin menyebut begitu banyak perempuan luar biasa yang justru dapat membawa berbagai ide baru dengan cara pandang yang berbeda.

“(Perempuan) harus lebih berani untuk percaya kalau niatnya kita fokus tuh kita bisa karena semua orang punya kelebihan masing-masing," pesan Christin yang mengaku telah menginisiasi klub women at Shopee sebagai upaya mengontrol peranan perempuan dalam e-commerce.

Sebagai perempuan yang sudah menjadi ibu dengan seorang anak, Christin ingin membantu para perempuan Indonesia untuk terus maju dan memberikan sumbangsihnya terhadap perekonomian Indonesia.

KEYWORD :

Ekonomi digital UMKM Gita Wiryawan Christin Djuarto




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :