Kamis, 09/05/2024 09:05 WIB

Diganjar Penghargaan oleh KWP, Cucun PKB: Instrumen Utama Negara Adalah Pendidikan

Fokus utama kita concern di pendidikan karena 20 persen anggaran terkait pendidikan ini belum jelas dipakai untuk pendidikan negara masih belum maksimal terkait investasi pendidikan.

Ketua Fraksi PKB, Cucun Ahmad Syamsurizal. (Foto: Dok.Ist)

Jakarta, Jurnas..com - Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) DPR RI menjadi salah satu Fraksi yang mendapat penghargaan dalam acara Koordinatoriat Wartawan Parlemen (KWP) Award 2021.

Fraksi PKB dinilai jajaran KWP sebagai Fraksi yang ‘Peduli Pendidikan’. Sejumlah legislator PKB begitu aktif menyoroti isu pendidikan baik saat metode pembelajaran tatap muka maupun saat pembelajaran jarak jauh.

Ketua Fraksi PKB Cucun Ahmad Syamsurizal mengapresiasi pelaksanaan KWP Award oleh wartawan Parlemen di DPR. Dia bilang, instrumen negara yang paling utama itu adalah instrumen pendidikan, dan selama ini dalam sektor pendidikan ada ketidakjelasan yang terkait roadmap pendidikan mandatory dari negara terkait pendidikan.

"Fokus utama kita concern di pendidikan karena 20 persen anggaran terkait pendidikan ini belum jelas dipakai untuk pendidikan negara masih belum maksimal terkait investasi pendidikan," kata Cucun dalam acara KWP Award 2021 di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (15/12).

Cucun menuturkan fungsi roadmap pendidikan di sini untuk mengawasi bagaimana pola yang dipakai pemerintah dan eksekutif sebagai mitra kita terkait pendidikan supaya sesuai dengan aspirasi keinginan masyarakat.

Selain itu, tutur Cucun masih banyak hal terobosan yang menjadi kontroversi dan perlu pengawasan dari DPR supaya sektor pendidikan memang bisa dirasakan masyarakat.

"Kami diperintahkan dari muktamar PKB untuk concern di pendidikan dan terutama pendidikan di bidang pesantren dan konstituen kami banyak bergerak di pendidikan," tuturnya.

Anggota DPR RI Dapil Jabar II tersebut menyatakan bahwa supporting  pemerintah juga tidak bisa menyelesaikan satu komunitas saja.

Pasalnya, pada sektor pendidikan banyak Kyai yang mendirikan lembaga pendidikan dengan biaya sendiri sehingga diperlukan advokasi.

"Sebagai Wakil Rakyat kita harus pastikan bila Advokasi ini bisa memaksimalkan anggaran mandatory pendidikan yang 20 persen benar benar bisa dimaksimalkan untuk pendidikan dan ini masih belum jelas dan efektif selama ini fungsinya untuk pendidikan tapi masih belum begitu jelas," tutupnya.

Ketua Koordinatoriat Wartawan Parlemen (KWP) Marlen Sitompul menyatakan acara KWP Award 2021 ini bisa berjalan tidak lepas dari dukungan para Anggota DPR RI dan sinergisitas yang kuat antara wartawan KWP dan para Anggota DPR.

Marlen mengatakan acara ini sebagai bentuk apresiasi sekaligus sebagai bentuk kritik yang positif untuk para Anggota DPR RI dengan beberapa kategori sesuai dengan penilaian yang telah ditentukan oleh dewan juri.

Selain itu, ia berharap sinergisitas antara wartawan dan para Anggota DPR bisa terus terjaga dengan baik dan bisa memberi informasi kepada masyarakat terkait kontribusi DPR selama ini.

"Kami berharap kedepan sinergitas ini semoga bisa terus terjalin dengan baik," kata Marlen dalam sambutanya.

Berikut Kategori Fraksi penerima KWP Award 2021:

1.Fraksi PDI Perjuangan (Fraksi DPR RI Peduli Isu Lingkungan Hidup)

2. Fraksi NasDem (Fraksi DPR RI Peduli Isu Pertanian)

3. Fraksi Gerindra (Fraksi DPR RI Peduli Isu Pertahanan)

4. Fraksi PAN (Fraksi DPR RI Peduli Isu Kesehatan)

5. Fraksi PKB (Fraksi DPR RI Peduli Isu Pendidikan)

6. Fraksi Demokrat (Fraksi DPR RI Aspiratif)

7. Fraksi PKS (Fraksi DPR RI Peduli Isu Kebencanaan).

KEYWORD :

PKB KWP Award 2021 Cucun Ahmad Syamsurizal Fraksi Peduli Penidikan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :