Rabu, 08/05/2024 20:49 WIB

Tokoh Politik AS Dukung Presiden Iran Diadili atas Kejahatan terhadap Kemanusiaan

Pada musim panas 1988, rezim Iran melakukan eksekusi massal rahasia terhadap 30.000 tahanan politik, 90 persen di antaranya adalah anggota kelompok oposisi utama Iran, Mujahidin-e-Khalq. 

Dalam file foto ini diambil pada 06 Juni 2021 calon presiden Iran Ebrahim Raisi memberi isyarat selama kampanye pemilihan umum di kota Eslamshahr. (AFP)

CHICAGO, Jurnas.com - Pada pertemuan puncak yang diselenggarakan Dewan Nasional Perlawanan Iran (NCRI), beberapa mantan anggota Kongres Amerika Serikat (AS) mendukung seruan menuntut Presiden Iran Ebrahim Raisi atas kejahatan terhadap kemanusiaan dan genosida.

Raisi dilantik sebagai presiden Iran pada Agustus dan telah memenuhi kabinetnya dengan tokoh-tokoh senior dari Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC), banyak dari mereka telah dituduh melakukan pelanggaran hak asasi manusia dan kejahatan perang.

Pejabat NCRI mengatakan bahwa dari 19 anggota kabinet, sekitar dua pertiganya adalah veteran IRGC, yang telah dinyatakan sebagai organisasi teroris oleh AS.

Dikutip dari Arab News, mantan Wakil Presiden AS, Mike Pence bergabung dengan mantan senator Joseph Lieberman dan Robert Torricelli, mantan Jaksa Agung Michael Mukasey dan pensiunan Jenderal James Conway dalam menuntut agar Raisi diadili.

"Pemilihan Ebrahim Raisi baru-baru ini untuk menjabat sebagai presiden Iran adalah tanda dari kelemahan dan keputusasaan rezim yang berkembang," kata Pence kepada kerumunan hampir seribu orang di KTT, yang berlangsung di Grand Ballroom di Washington Hilton dan dihadiri Arab News.

"Pemilihannya sebagai presiden dimaksudkan untuk meredam perbedaan pendapat internal dan mengintimidasi rakyat Iran agar tetap diam. Tetapi kita tidak boleh tinggal diam dalam menghadapi kejahatan. Banyak orang yang hadir hari ini tahu betul betapa jahatnya Raisi," sambungnya.

Pence membela tindakan yang diambil mantan Presiden Donald Trump untuk mencegah Iran mengembangkan senjata nuklir, dan mengkritik penerimaan kembali pakta nuklir Iran oleh Presiden Joseph Biden, pengabaian sekutu kami Israel, dan penarikan bencana dari Afghanistan.

Pence mengatakan, tindakan Biden telah mendorong Iran untuk memperluas serangan terorisnya melalui kelompok proksi seperti Houthi di Yaman dan lainnya di Irak, Suriah, dan Lebanon.

Mariam Rajavi, presiden terpilih NCRI, membuka KTT dengan mengecam upaya Teheran untuk mengembangkan senjata nuklir, persenjataan drone untuk serangan teror, dan pendanaan terorisme di seluruh kawasan.

"Sudah waktunya bagi komunitas internasional untuk berpihak pada rakyat Iran dan keinginan mereka untuk berubah,” katanya. "Rakyat Iran telah dengan jelas menunjukkan tuntutan dan tekad mereka untuk perubahan. Mereka menolak rezim secara keseluruhan.

"Rakyat Iran menyerukan kepada pemerintah, termasuk pemerintah AS dan Eropa, untuk merevisi kebijakan mereka tentang Iran dan berpihak pada rakyat Iran. Mengenai masalah nuklir, sudah waktunya untuk meninggalkan kebijakan mengabaikan pelanggaran rezim," sambungnya.

Rajavi juga meminta PBB untuk menghidupkan kembali dan menegakkan resolusi sebelumnya yang menyerukan para pejabat Iran, termasuk presiden, untuk bertanggung jawab atas tindakan mereka.

"Rakyat Iran mengharapkan masyarakat internasional untuk menuntut Ebrahim Raisi atas genosida dan kejahatan terhadap kemanusiaan di pengadilan internasional," katanya. "Dia adalah seorang pembunuh massal dan dia harus diadili sekarang dan bukan nanti."

Pada musim panas 1988, rezim Iran melakukan eksekusi massal rahasia terhadap 30.000 tahanan politik, 90 persen di antaranya adalah anggota kelompok oposisi utama Iran, Mujahidin-e-Khalq. Pejabat NCRI mengatakan, Raisi adalah anggota komisi kematian yang bertanggung jawab atas pembantaian tersebut. 

Pada Desember 2018, Amnesty International mengeluarkan laporan komprehensif yang menyatakan pembantaian 1988 sebagai kejahatan berkelanjutan terhadap kemanusiaan.

Dalam Kongres AS ke-117, House Resolution 118, yang memiliki 250 sponsor bersama, juga menggambarkan pembantaian itu sebagai "kejahatan terhadap kemanusiaan" dan menuntut pertanggungjawaban.

Setelah terpilih sebagai presiden, Biden membuka kembali negosiasi dengan Iran untuk bergabung kembali dengan JCPOA 2015. Perjanjian antara Iran, AS dan kekuatan asing lainnya membatasi program nuklir Iran dengan imbalan keringanan sanksi. Pada 2018, Trump menarik diri dari kesepakatan dan memulihkan sanksi.

Para pemimpin NCRI dan sekutu mereka berpendapat bahwa Teheran menggunakan negosiasi JCPOA sebagai kedok dan selingan sambil melanjutkan upayanya untuk mengembangkan senjata nuklir.

KEYWORD :

Dewan Nasional Perlawanan Iran Tokoh Politik Amerika Serikat Ebrahim Raisi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :