Minggu, 28/04/2024 11:34 WIB

INTERNASIONAL

Gempa 7.0 Skala Richter Guncang Amerika Tengah

Hingga sekarang, Jumat (25/11) menurut earthquaketoday, masih ada gempa susulan yang berskala lebih kecil. Meski gempa susulan tidak sebesar sebelumnya.

Daerah pusat gempa di Nikaragua.(ilustrasi:aitonline)

Managua - Wilayah Amerika Tengah, tepatnya di lepas pantai Pasifik Amerika Tengah, sebuah gempa berkekuatan 7.0 Skala Richter mengguncang hebat kawasan tersebut. Gempa itu membawa serta badai kencang ke Pantai Karibia Nikaragua dan Kosta Rika. Menurut US Geological Survey, pusat gempa diperkirakan sekitar 120km lepas pantai El Salvador pada kedalaman 33km.

Namun belum ada laporan pasti tentang kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa yang terjadi pada Kamis (24/11). Hingga sekarang, Jumat (25/11) menurut earthquaketoday, masih ada gempa susulan yang berskala lebih kecil. Meski gempa susulan tidak sebesar sebelumnya, masih memiliki daya rusak yang cukup tinggi.

Di El Salvador, yang merupakan zona gempa utama, dikenal sebagai cincin Api Pasifik yang memanjang lebih dari 40 ribu km, yang ditandai dengan sekitar 450 gunung berapi aktif. Di negara Presiden Salvador Sanchez Ceren itu gempa dirasakan diberbagai tempat, misalnya Chalatenango, daerah ibukota negara San Salvador, Cabanas dan San Miguel.

Sementara itu, di Nikaragua gempa hebat di lepas pantai pasifik itu juga terasa di ibukota negara tersebut, Managua hingga San Jose, ibukota negara Kosta Rika.

Menurut laporan yang ditayangkan oleh aljazeera, akibat gempa tersebut, Presiden Nikaragua, Daniel Ortega, menyatakan keadaan darurat gempa dan badai. Memang gempa yang terjadi di lepas pantai pasifik itu membawa angin kencang 175 km per jam.

"Ini tentunya menjadi hari yang sulit bagi kita sebuah negara kecil di Amerika Tengah," ucap Ortega, sambil menambahkan bahwa gempa tersebut masih bisa dirasakan, seperti dikutip dari aljazeera.[]

KEYWORD :

gempa besar guncang amerika tengah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :