Minggu, 28/04/2024 22:08 WIB

Ini Celetukan Lucu Sutan Bhatoegana

Sutan Bhatogena, dikenal sebagai seorang politikus kawakan, fenomenal, dan kerap melontarkan sindiran yang justru membuat para politikus hingga publik terhibur.

Sutan Bhatoegana

Jakarta - Sutan Bhatogena, cukup populer dikenal sebagai seorang politikus kawakan, fenomenal, dan kerap melontarkan sindiran yang justru membuat para politikus hingga publik terhibur.

Dalam setiap kesempatan, politikus Partai Demokrat itu kerap melontarkan pernyataan yang kocak atau lucu sehingga membuat lawan politiknya tertawa terbahak-bahak. Misalnya, salah satu peryataan Sutan yang fenomenal adalah "ngeri-ngeri sedap" dan "masuk tuh barang."

Tercatat sejumlah celetukan Sutan yang lucu dan populer di kalangan politikus hingga publik. Berikut lima celetukan Sutan yang populer di publik:

1. Ngeri-ngeri sedap

Ini dia kata yang paling tenar dari Sutan ketika menyindir lawan politiknya. Di berbagai kesempatan, Sutan tak lupa berkomentar `ngeri-ngeri sedap`.

Rangkaian kata ini sering dia ucapkan di berbagai sesi wawancara dengan awak media. Celetukan itu dilontarkan Sutan saat menanggapi lawan politiknya atau rekan separtanya saat tertimpa masalah atau kasus korupsi.

"Wah, kok jadi ngeri-ngeri sedap barang tuh," celetuk Sutan setiap kali menanggapi beberapa kasus.

2. Masuk Tuh Barang

"Masuk tuh barang" juga kata yang populer dilontarkan Sutan. Kalimat ini memang maknanya berbau lucu tapi arti sesungguhnya barangkali cuma Sutan yang paham.

"Masuk tuh barang", kerap dilontarkan mantan Ketua Komisi VII DPR itu dengan ekspresi wajahnya yang khas dan lucu.

3. Sorry My Love

Saat masih jadi anggota dewan, Sutan sering melontarkan kata `sorry my love`. Dalam kesempatan wawancara pada kasus proyek Solar Home System (SHS) tiga tahun silam.

Kalimat itu terkesan seperti kata romantis seorang pria kepada kekasihnya. Namun, kalimat `Sorry my love` dilontar Sutan untuk ngeles dari tuduhan kasus kepadanya.

"Nama saya tidak tercemar. Sorry my love," kata Sutan menegaskan bahwa dirinya tidak ikut terlibat.

4. Ikan Salmon, Ikan Koi, dan Ikan Teri

"Ikan Salmo, Ikan Koi, dan Ikan Teri" sebagai kalimat berupa singkatan yang dimaksud Sutan.

Kalimat ini untuk sejumlah partai koalisi atau lawan politikya. Kepanjangan Ikan Salmon; Intelektual Kagetan Asal Ngomong, Ada juga Ikan Koi; kelompok orang penebar isu negatif, dan juga Ikan Teri; Mau terima nggak mau memberi.

"Saya minta mereka banyak-banyak makan ikan salmon biar sehat, agar orgasme politik mereka bisa cepat tercapai," kata Sutan kala menyindir para lawan politiknya.

5. BBM dan SDM

"BBM dan SDM" juga merupakan singkatan. Namun bukan Bahan Bakar Minyak serta Sumber Daya Manusia. Melainkan Bersih, Berani, Merakyat (BBM) dan Selamatkan Diri Masing-Masing (SDM).

Celetukan BBM ala Sutan memang tidak setenar `ngeri-ngeri sedap.` Tapi BBM sempat ramai dibicarakan.

"Contoh ada rekan-rekan yang tanya pemimpin yang dibutuhkan saat ini dari tingkat nasional sampai daerah. Saya katakan kita butuh Pemimpin yang BBM (Bersih, Berani, Merakyat) bukan yang SDM (Selamatkan Diri Masing-masing)," kata Sutan saat itu.

Kini, kata-kata itu tinggal kenangan dari almarhum Sutan Bathoegana. Sutan meninggal dunia, di Rumah Sakit BMC Bogor, Jawa Barat, Sabtu (19/11).

Sebelum dirawat di Rumah Sakit BMC Bogor, Sutan sempat dirawat di RS Hermina Bandung, kemudian dipindahkan ke RS Medistra, Jakarta Selatan, sekitar dua hingga tiga pekan.

Almarhum akan dikebumikan pada bada Ashar di pemakaman Giri Tama, Tonjong, Parung, Bogor. Kediaman almarhum bertempat di perumahan Villa Duta, jl. Sipatahunan no. 26, Bogor.

KEYWORD :

Sutan Bhatoegana Sutan Bhatoegana Wafat Sutan Meninggal Dunia Kalimat Lucu Sutan Bhatoegana Poli




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :