Minggu, 18/11/2018 15:55 WIB

BI: Gejolak Harga Pangan Picu Inflasi

Diketahui bahwa salah satu pemicu inflasi adalah terjadinya gejolak harga pangan yang sulit dikontrol.

Jakarta - Bank Indonesia (BI) terus mencari formula tepat dalam mengendalikan inflasi. Diketahui bahwa salah satu pemicu inflasi adalah terjadinya gejolak harga pangan yang sulit dikontrol.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara mengatakan, BI masih kesulitan mengendalikan inflasi lantaran tidak bisa terlibat langsung dalam produksi maupun distribusi pangan. Padahal tak bisa dipungkiri, pengendalian inflasi harus dilakukan dengan meningkatkan produksi dan memperbaiki jalur distribusi pangan.

"Tapi BI kan tidak memproduksi dan tidak terkait langsung dengan komoditas pangan, padahal harus tetap melakukan pengendalian. Tapi upaya tentunya terus kita lakukan," ujar Mirza dalam diskusi dengan wartawan di Jakarta, Senin (9/10).

Salah satu upaya BI, lanjut Mirza, adalah dengan membentuk Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) yang saat ini sudah terbentuk di 497 daerah. BI bersama Pemerintah Daerah membentuk TPID yang terus mencari tahu kebutuhan pangan, sekaligus menggenjot produksi jika stoknya kurang.

"Atau pun misalnya ada satu daerah kelebihan produksi, maka bisa kita lakukan distribusi ke daerah lain yang kekurangan. Untuk melakukan ini semua, maka jalur distribusi pangan harus dibenahi," tegas Mirza.

TAGS : BI Inflasi Pangan




TERPOPULER :