Sabtu, 27/04/2024 05:08 WIB

Tuntut Persamaan Hak

Ratusan Karyawan Freeport Mogok Kerja

Pemogokan dilakukan oleh operator dari kru 1,2,3, dan 4 di area Grasberg (GRS) yang meminta persamaan hak dengan karyawan di bagian bawah tanah dan pengolahan (mill).

Mimika - Tuntutan persamaan bonus tidak dipenuhi, ratusa karyawan PT. Freeport Indonesia menggelar aksi unjuk rasa di area Grasberg Operation sejak pertengah dan akhir pekan lalu. Akibatnya, proses produksi menjadi tidak maksimal.

Kegiatan mogok kerja bertempat di area Grasberg Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua. Grasberg merupakan kawasan tambang terbuka.  Kapolres Mimika,  Yustanto Mujiharso membenarkan pemogokan tersebut.

Diberitakan CNN,  Yustanto mengatakan, pemogokan dilakukan oleh operator dari kru 1,2,3, dan 4 di area Grasberg (GRS) yang meminta persamaan hak dengan karyawan di bagian bawah tanah dan pengolahan (mill). "Jumlahnya sekitar 200-an. Produksi perusahaan jadi tidak maksimal akibat pemogokan itu," ujar Yustanto.

Rencananya, Yustanto akan menemui pimpinan GRS pada hari ini (3/10) untuk mencari solusi atas pemogokan yang sudah berlangsung selama empat hari tersebut.

"Soal tuntutan mereka, itu bukan kewenangan kami. Tapi kami akan berbicara mengenai hal-hal yang terkait dengan kewenangan kami. Terutama soal keamanan. Sampai saat ini, tidak ada ancaman keamanan. Situasinya kondusif," kata Yustanto.

KEYWORD :

Mogok kerja PT. Freeport




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :