Sabtu, 26/09/2020 10:17 WIB

BEI Ancam Degradasi Emiten yang Tidak Penuhi Kriteria

BEI dapat menegaskan perbedaan kriteria antar papan dan menjadi bagian peningkatan perlindungan bagi para investor

Kantor Bursa Efek Indonesia (Pasar Dana)

Jakarta, Jurnas.com - Otoritas Pasar Modal Indonesia, PT Bursa Efek Indonesia bakal degradasi atau menurunkan emiten dari papan klasemen tertentu jika tidak memenuhi kriteria.

Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia Hasan Fawzi mengatakan pihaknya tengah dalam rencana pengembangan untuk mekanisme evaluasi saham penghuni papan.

BEI bersama Otoritas Jasa Keuangan sedang mematangkan konsep dan mengembangkan pembagian papan dan mekanisme perdagangannya di Bursa. Ini menjadi bagian dari transformasi pencatatan, perdagangan dan pengawasan transaksi bursa,” kata Hasan.

BEI dapat menegaskan perbedaan kriteria antar papan dan menjadi bagian peningkatan perlindungan bagi para investor. Hasan menambahkan pada program pertama regulator akan membentuk mekanisme evaluasi periodik.

Jadi, BEI akan mengevaulasi dua kali dalam setahun untuk melihat saham-saham tertentu memenuhi kriteria untuk naik papan atau pun turun papan. Menurutnya saat ini pasar modal hanya mengenal naik ke papan di atas. Namun, nanti setelah dievaluasi emiten dapat turun ke papan di bawahnya antara papan utama dan papan pengembangan.

“Kami harapkan perusahaan tercatat akan semakin memacu kinerja perusahaannya dan bagi investor akan lebih memberikan acuan dalam berinvestasinya,” katanya.

Hasan menambahkan saat ini BEI memiliki 3 papan pencatatan, yakni papan akselerasi, papan pengembangan, dan papan utama. Untuk dapat lebih menjaga kualitas saham di Papan Utama, BEI berencana untuk menerapkan kriteria tertentu sehingga emiten yang tidak memenuhi kriteria tersebut akan turun dari papan utama ke papan pengembangan.

Menurutnya untuk tetap dapat tercatat di papan utama harus memiliki fundamental bagus, likuditas stabil, free float dan investor banyak, governance bagus sehingga papan utama dapat menjadi role model bagi emiten yang tidak di papan utama.

“Tentu pada proses selanjutnya, kami akan mensosialisasikan hal ini terlebih dahulu kepada para pelaku, dan mengundang masukan dan usulan untuk mematangkan pengembangan ini,” ungkapnya.

 

 

TAGS : BEI Emiten saham




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :