Sabtu, 26/09/2020 21:11 WIB

Turunkan 3.327 Personel, Polda Metro Siap Urai Kemacetan Pemudik

Libur panjang dimanfaatkan masyarakat untuk mudik. Polda Metro Jaya turunkan 3.327 Personel untuk mengurai kemacetan.

Polda Metro Jaya siapkan personel urai kemacetan Lalu Lintas. (Foto : Jurnas/Ginting).

Jakarta, Jurnas.com- - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyiapkan beberapa skenario lalu lintas untuk mengurai kemacetan menjelang hari raya Idul Adha 1441 Hijriah.

“Kita sudah siapkan personel untuk mengurai kemacetan menjelang hari Idul Adha dan selama liburan ini. Jika arus lalu lintas meninggalkan Jakarta menuju ke timur terjadi kepadatan, tidak mampu ditampung di elevated atau di elevated ada masalah, baru kita akan memberlakukan contraflow,” terang Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (30/7/2020).

Sambodo juga menyampaikan, apabila arus lalu lintas masih padat dan tidak bergerak, pihaknya akan memberlakukan one way. Pemberlakuan skenario one way terlebih dahulu dikoordinasikan dengan Korps Lalu Lintas Polri.

“Untuk pemberlakuan one way intinya kita siap dan kita juga sudah koordinasi dengan pihak Jasa Marga," ujar Sambodo.

Kemudian, pihak kepolisian nantinya akan melaksanakan kebijakan buka tutup di rest area. Skenario ini diterapkan jika antrean pengisian bahan bakar di rest area KM 19 membeludak. Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus juga telah menyampaikan, Polda Metro Jaya menyiapkan 3327 personel untuk mengantisipasi kemacetan di Jabodetabek.

“Kita sudah siapkan 3.327 personel untuk mengantisipasi kemacetan di Hari Raya Idul Adha ini. Kita lakukan kesiapan pengamanan antara Polda Metro Jaya bersama stakeholders terkait, teman-teman pemerintah daerah, TNI, dan juga dari bantuan masyarakat dalam hal ini komunitas yang membantu dalam hal pengamanan,” terang Yusri Yunus, Rabu (29/7/2020).

TAGS : Polda Metro Sambodo Idul Adha Kemacetan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :