Sabtu, 26/09/2020 21:30 WIB

Iran Minta Dibentuk Aliansi Negara Korban Sanksi AS

Negara-negara yang menjadi sasaran tekanan sanksi Amerika Serikat dapat menyatukan upaya mereka untuk bersama-sama melawan kebijakan AS.

Bendera Iran dan Amerika Serikat (Foto: Setav)

Jakarta, Jurnas.com - Duta Besar Iran untuk Rusia Kazem Jalali mengatakan, negara-negara yang menjadi sasaran tekanan sanksi Amerika Serikat dapat menyatukan upaya mereka untuk bersama-sama melawan kebijakan AS.

"Saya percaya ini saatnya kita menciptakan klub negara-negara yang terkena sanksi. Di antara anggotanya akan ada banyak kekuatan kuat dengan ekonomi maju: Rusia, China dan Iran," kata diplomat itu dilansir Tass, Selasa (21/07).

Menurutnya, negara-negara tersebut harus saling membantu untuk mengimbangi pengaruh negatif langkah-langkah AS.

Diplomat itu menekankan bahwa Washington tidak ingin melihat saingannya, yang posisinya di wilayah mana pun akan lebih kuat daripada AS.

"Mereka ingin Rusia menjadi lemah, Cina secara ekonomi lebih rendah dari mereka dan Iran menjadi koloni mereka. Itulah mengapa kita perlu bekerja sama, saling membantu dan saling melengkapi," kata Jalali.

"Kami telah mendapat peluang besar dan kami hanya perlu menunjukkan kemauan politik dan melakukan upaya untuk mengembangkan potensi ini dengan cara yang benar. Iran memiliki sesuatu untuk ditawarkan Rusia dan China. Kami adalah negara besar dengan populasi besar dan agak muda, kami telah mendapatkan banyak sumber daya mineral dan teknologi canggih. Jika kita melakukan upaya bersama kita akan mengatasi tekanan AS."

TAGS : Sanksi AS Dubes Iran




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :