Jum'at, 07/08/2020 16:38 WIB

Pangeran Saudi Minta Kanada Ekstradisi Saad Al-Jabri

Arab Saudi berusaha agar Al-Jabri ditangkap dengan mengeluarkan perintah

Mohammed bin Salman al-Saud

Riyadh, Jurnas.com - Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed Bin Salman (MBS) mendesak Kanada untuk mengekstradisi mantan perwira tinggi intelijen Saudi, Saad Al-Jabri

Menurut surat kabar Kanada the Globe and Mail, Al-Jabri memegang jabatan intelijen terbaik di bawah Pangeran Mahkota Mohammed Bin Nayef dan tinggal di Toronto sejak kudeta istana 2017 di Riyadh.

Arab Saudi berusaha agar Al-Jabri ditangkap dengan mengeluarkan perintah "pemberitahuan merah" melalui Interpol, organisasi kerjasama internasional untuk polisi, pada akhir 2017. Pada 2018, delegasi Arab Saudi yang berkunjung juga mendesak Kanada untuk mengekstradisinya.

Pemerintah Kanada belum mengomentari masalah ini. Juru bicara Departemen Kehakiman Kanada mengatakan dalam pernyataan bahwa permintaan ekstradisi bersifat rahasia.

"Kami tidak dapat mengomentari keberadaan permintaan ekstradisi untuk individu-individu tertentu sampai permintaan tersebut diumumkan kepada publik oleh pengadilan," katanya.

Dalam beberapa bulan terakhir, Salman juga meningkatkan tekanan pada kerabat Al-Jabri, menahan anak-anak dewasanya, untuk memaksanya kembali ke kerajaan.

TAGS : Arab Saudi Mohammed Bin Salman Intelijen Arab Saudi Saad Al-Jabri




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :