Rabu, 24/04/2024 23:27 WIB

AS Tekan Korut Percepat Denuklirisasi

Amerika Serikat tetap fokus pada denuklirisasi Korea Utara di tengah meningkatnya provokasi Pyongyang terhadap Seoul.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (Foto: AFP)

Jakarta, Jurnas.com - Asisten Menteri Pertahanan AS untuk Urusan Keamanan Indo-Pasifik, David Helvey, mengatakan bahwa Amerika Serikat tetap fokus pada denuklirisasi Korea Utara di tengah meningkatnya provokasi Pyongyang terhadap Seoul.

Menurut Helvey, tindakan Korut baru-baru ini menggarisbawahi pentingnya mempertahankan postur kesiapan yang kuat antara Washington dan Seoul, dengan Pyongyang mengancam akan mengambil tindakan militer sebelum menangguhkan rencana tersebut.

"Korea tetap menjadi target tersulit. Sulit untuk menentukan secara taktis apa yang akan dilakukan Korea Utara setiap hari, meskipun saya pikir kita semua akan setuju bahwa secara strategis, Korea Utara, khususnya di bawah Kim Jong-un, sangat dapat diprediksi dan dimengerti," ujarnya dilansir Yna, Sabtu (27/06).

Helvey mengatakan Departemen Pertahanan telah bekerja untuk mempertahankan pencegah yang efektif dalam mendukung upaya diplomatik yang ditujukan untuk denuklirisasi akhir dan sepenuhnya diverifikasi dari Korea Utara.

"Kebijakan kami, seperti yang telah saya katakan, masih sangat terfokus pada denuklirisasi," katanya.

"Ini adalah denuklirisasi yang kami percaya hanya dapat diperoleh secara realistis melalui proses diplomatik. Maksud saya, itu tentu saja preferensi kami yang kuat."

Helvey mengatakan bahwa meskipun telah terjadi beberapa kemajuan, tidak jelas apakah Korea Utara berkomitmen pada proses yang akan menghasilkan masa depan yang lebih cerah bagi rakyatnya.

Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un sepakat pada pertemuan puncak pertama mereka pada Juni 2018 untuk bekerja menuju denuklirisasi total dan perdamaian permanen di Semenanjung Korea.

Meskipun ada dua pertemuan lagi antara para pemimpin, kedua pihak telah gagal untuk menjembatani kesenjangan mereka mengenai ruang lingkup denuklirisasi Korea Utara dan bantuan sanksi dari AS.

Helvey menegaskan kembali komitmen keamanan "kokoh" Washington kepada sekutunya, Korea Selatan dan Jepang, baik dalam hal kemauan maupun kemampuan.

Dia menyarankan bahwa AS dapat mengerahkan aset strategis ke Semenanjung Korea jika perlu, dengan mengatakan ada kemampuan yang ada di semenanjung dan kemampuan yang akan kita bawa ke semenanjung jika terjadi krisis.

Dan tentu saja, tambahnya, kemampuan yang ada di semenanjung yang memberikan kemampuan pencegah mendasar yang tidak perlu kita bahas secara terperinci. "Tetapi itu ada berdasarkan kekuatan strategis kita," ujarnya.

Aset strategis biasanya merujuk pada pembom B-52, pesawat tempur siluman, kapal selam bertenaga nuklir, dan kapal induk.

Provokasi Korea Utara baru-baru ini, termasuk pembongkaran kantor penghubung antar-Korea, telah mendorong seruan untuk penempatan kembali aset-aset tersebut ke Semenanjung Korea.

Helvey mengatakan dia ingin melihat Korea Selatan dan Jepang bekerja lebih dekat bersama, baik dengan satu sama lain dan dengan AS dan mitra "yang berpikiran" lainnya.

"Saya ingin melihat Republik Korea menjadi lebih aktif dalam inisiatif keamanan global," tambahnya, tampaknya merujuk pada kampanye Washington melawan militer dan peningkatan ekonomi Beijing.

"ROK adalah teman yang disegani dan mitra tepercaya bagi banyak orang di seluruh wilayah dan dunia. Ia memiliki kapasitas luar biasa untuk dapat melakukan yang baik. Dan kami ingin menjadi mitra dalam hal itu. Dan kami ingin mendukung itu, "kata Helvey.

KEYWORD :

Amerika Serikat Korea Utara Denuklirisasi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :