Senin, 25/05/2020 13:45 WIB

Baznas Salurkan Paket Bantuan Korban Banjir Rob

bantuan ini juga melengkapi berbagai upaya Baznas dalam meringankan beban masyarakat

Penyaluran paket sembako untuk korban banjir rob

Jakarta, Jurnas.com - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) melalui Zakat Community Development (ZCD) mendistribusikan Paket Logistik Keluarga (PLK) kepada korban banjir rob di Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Penyaluran bantuan itu menggunakan perahu rakitan, karena kondisi desa yang tergenang air.

Banjir rob akibat air laut pasang menggenangi sebagian besar wilayah Kecamatan Sayung yang melanda pemukiman, area pertanian, dan tambak hingga jalan raya. Namun, hal ini tidak menyurutkan semangat tim Baznas untuk melakukan pendistribusian PLK.

Dalam prosesnya, pengantaran PLK langsung diantarkan ke rumah mustahik. Hal ini dilakukan untuk mematuhi anjuran Pemerintah agar mencegah adanya kerumunan massa di tengah pandemi Covid-19. Adanya bantuan ini diharapkan dapat membantu kebutuhan pangan para mustahik di tengah keterbatasan akses memperoleh bahan pangan.

Kepala Lembaga Zakat Community Development Baznas, Tatiek Kancaniati menuturkan penyaluran bantuan itu merupakan bentuk kepedulian Baznas terhadap mustahik di manapun berada, termasuk di lokasi yang sulit dijangkau.

"Dusun itu dikelilingi air laut dan hanya ada satu akses jalan keluar masuk pemukiman untuk dilalui dengan kondisi jalan yang rusak. Tapi mereka tetap bertahan di tanah kelahirannya. Sehingga mereka hampir setiap minggu kerja bakti memperbaiki jalan tersebut dan dilakukan semampunya," ujarnya.

Tatiek menambahkan, bantuan ini juga melengkapi berbagai upaya Baznas dalam meringankan beban masyarakat. Sebelumnya, ZCD Baznas telah memiliki program penguatan ekonomi agar bisa diberdayakan masyarakat.

"Alhamdulillah sudah ada pembinaan kepada masyarakat untuk dapat diberdayakan agar dapat menguatkan perekonomiannya, berupa budi daya kerang dan rumput laut," kata Tatiek.

Sementara itu pada kesempatan terpisah, Kepala Divisi Pendayagunaan Baznas, Randi Swandaru menyebut Baznas terus berupaya mengurangi beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Menurut Randi, bantuan yang disalurkan akan tepat sasaran dan diterima kepada mereka yang benar-benar membutuhkan.

“Paket bantuan ini merupakan program dari ZCD Baznas, untuk membantu kehidupan mustahik yang kondisinya makin sulit akibat adanya pandemi. Diharapkan, dengan adanya bantuan ini, bisa membantu perekonomian masyarakat yang terdampak, dan kita bisa segera bangkit bersama," katanya.

TAGS : Banjir Rob Lembaga Baznaa Paket Sembako




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :