Sabtu, 20/04/2024 03:29 WIB

Bahaya Corona, Gus Imin: Semua Pihak Harus Waspada

Kekhawatiran terjadi di seluruh belahan dunia, bahkan muncul trauma dan ketakutan

Diskusi Reboan

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar meminta semua pihak meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya penularan virus corona ke Indonesia.

"Kita bersama-sama harus meningkatkan kewaspadaan," ujar Muhaimin saat membuka Diskusi Reboan bertajuk "Bersatu Menghadapi Endemik Virus Corona di Kantor DPP PKB, Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Rabu (29/1/2020).

Muhaimin yang akrab disapa Gus Imin mengatakan, masyarakat di seluruh negara pastinya terkejut dan takut dengan adanya bahaya virus corona.

"Kekhawatiran terjadi di seluruh belahan dunia, bahkan muncul trauma dan ketakutan. Saya pun sangat khawatir, siaga, dan waspada terhadap kemungkinan berkembangnya virus di negara kita," ungkapnya.

Karena itu, lanjutnya, sikap waspada harus ada dari semua pihak, baik pemerintah, masyarakat, juga instansi seperti Kemenkes, Imigrasi, bahkan lalu lintas perpindahan manusia patut dilakukan kewaspadaan tingat tinggi.

Gus Imin mengatakan, beberapa negara bahkan telah membuat kebijakan untuk menutup diri dan menghentikan pintu lalu lintas migrasi.

"Indonesia tak menutup kemungkinan itu ataupun membuat pintu monitor dan antisipasi sehingga Imigrasi diawasi dengan ketat. Sebagaimana kita juga diawasi ketat ketika masuk negara lain sebagai langkah antisipasi," serunya.

Gus Imin yang juga Wakil Ketua DPR menjelaskan, ada sejumlah langkah yang perlu ditekankan dalam mencegah penyebaran virus corona.

Diantaranya, jelas Gus Imin, Kemenkes dan lembaga lain terkait harus secepatnya memberikan informasi secara detail dan seluas-luasnya kepada masyarakat mengenai langkah pencegahan dan sebagainya.

"Makanya, saya instruksikan kader PKB seluruhnya untuk bantu membagi desiminasikan info secara cepat dan tepat," tuturnya.

Selanjutnya adalah antisipasi border lalu lintas migrasi manusia. Kata Gus Imin, penanganan cepat dan isolasi cepat perlu dilakukan jika ada yang suspect terkena.

"Kerlibatan semua pihak mutlak adanya. Maka kita bersama-sama, bersatu menghadapi corona yang mengancam ini," jelas Gus Imin.

KEYWORD :

PKB Corona Muhaimin Iskandar Reboan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :