Kamis, 02/04/2020 19:23 WIB

Pohon Dinosaurus Selamat dari Kebakaran Hutan Australia

Operasi rahasia petugas pemadam kebakaran Australia, telah menyelamatkan Wollemi Pines, pohon prasejarah yang dikenal dengan nama `pohon dinosaurus` dari kebakaran hutan.

Wollemi Pines yang dikenal dengan sebutan Pohon Dinosaurus (Foto: Flickr)

Sydney, Jurnas.com - Operasi rahasia petugas pemadam kebakaran Australia, telah menyelamatkan Wollemi Pines, pohon prasejarah yang dikenal dengan nama `pohon dinosaurus` dari kebakaran hutan.

Tak kurang dari 200 pohon tumbuh di lokasi Warisan Dunia Blue Mountains barat laut Sydney, yang telah dilanda salah satu kebakaran hutan terbesar selama berbulan-bulan.

Saat api mendekati daerah itu akhir tahun lalu, petugas pemadam kebakaran mengerahkan tanker udara untuk menjatuhkan penghambat api, di sebuah cincin pelindung sekitar pohon.

Sementara petugas pemadam kebakaran spesialis dikerahkan ke ngarai untuk membuat sistem irigasi, guna memberikan kelembaban bagi hutan.

Dikutip dari AFP pada Kamis (16/1), Matt Kean, Menteri Lingkungan Hidup negara bagian New South Wales, menggambarkan operasi itu sebagai "misi perlindungan lingkungan yang belum pernah terjadi sebelumnya."

Sementara banyak pohon hangus oleh api, hutan warisan sejarah itu berhasil diselamatkan dari kebakaran.

Pohon-pohon pinus yang didapati dari catatan fosil berusia lebih dari 200 juta tahun sebelum dinosaurus punah, diyakini telah punah sampai akhirnya hutan Wollemi ditemukan pada 1994 silam.

Lokasi itu tetap dirahasiakan, dan dijaga ketat untuk melindungi pohon dari kontaminasi pengunjung.

"Kunjungan ilegal tetap menjadi ancaman signifikan bagi kelangsungan hidup Wollemi Pines di alam liar, karena risiko menginjak-injak tanaman regenerasi dan memperkenalkan penyakit yang dapat menghancurkan populasi yang tersisa dan pemulihan mereka," kata Kean.

Pohon-pohon telah disebarkan dan didistribusikan ke kebun botani di seluruh dunia untuk melestarikan spesies, tetapi ngarai Wollemi adalah satu-satunya tempat pohon dinosaurus tumbuh di alam liar.

TAGS : Wollemi Pines Pohon Dinosaurus Kebakaran Hutan Australia




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :