Jum'at, 10/04/2020 04:14 WIB

Kebakaran Hutan Australia, Ribuan Orang Dievakuasi

Sekitar 4.000 dievakuasi ke pantai-pantai di Mallacoota di Victoria tenggara pada Selasa pagi untuk menghindari kebakaran. 

Kebakaran hutan Australia

Jakarta, Jurnas.com - Ribuan orang terperangkap di pantai dalam putaran terakhir kebakaran hutan Australia karena suhu tinggi dan angin kencang terus menyulut api.

Dilansir UPI, sekitar 4.000 dievakuasi ke pantai-pantai di Mallacoota di Victoria tenggara pada Selasa pagi untuk menghindari kebakaran.

Tiga tim darurat mendirikan pusat medis dan lokasi evakuasi di pantai untuk penduduk, menurut sebuah agen negara bagian Victoria.

Beberapa keluarga dievakuasi ke kapal mereka di lepas pantai sementara yang lain mencoba untuk mendinginkan diri di laut. Seorang wanita berlibur, Ida Dempsey, mengatakan keluarganya memindahkan perahu mereka sekitar 656 kaki lepas pantai setelah meninggalkan daerah itu.

Komisaris Manajemen Darurat Victoria Andrew Crisp mengatakan para pejabat masih mengevaluasi kerugian harta benda di kawasan turis Gippsland Timur, yang dirusak oleh kebakaran hutan akhir pekan ini.

Kerusakan properti yang signifikan pada awalnya dilaporkan di kawasan yang populer di kalangan wisatawan karena satwa liar dan jalur pendakiannya di taman nasional terdekat.

Sementara itu, pemerintah memerintahkan armada kapal, helikopter, dan pesawat sayap tetap dari Angkatan Pertahanan Australia ke daerah-daerah yang terkena dampak untuk menyelamatkan penduduk yang terjebak oleh api dan menyediakan pasokan.

Pihak berwenang mengatakan helikopter pengangkat berat akan tiba di timur Tahun Baru Victoria, sementara dua kapal Royal Australian Navy sedang dikirim ke daerah yang terkena dampak dengan kapasitas untuk mengevakuasi ratusan orang.

Patrick Salway, 63, dan putranya Robert, 29, meninggal ketika mencoba mempertahankan rumah mereka di Cobargo di Pantai Selatan New South Wales, Senin malam.

Pihak berwenang mengatakan seorang pria berusia 72 tahun di Belowra, sekitar 31 mil barat laut Cobargo, masih hilang.

Pemadam kebakaran sukarelawan, Samuel McPaul, 28, meninggal Senin ketika api unggunnya terbalik akibat angin kencang di dekat Jingellic di perbatasan NSW-Victoria.

McPaul menjadi petugas pemadam kebakaran NSW ketiga yang tewas dalam dua minggu terakhir melawan kebakaran hutan yang berlanjut.

"Hanya memilukan," kata Perdana Menteri NSW Gladys Berejiklian di media sosial Senin tentang kematian McPaul.

"Seorang petugas pemadam kebakaran yang berani telah kehilangan nyawa mereka melindungi komunitas di timur Albury. Kata-kata gagal pada saat-saat seperti ini."

TAGS : Kebakaran Hutan Warga Australia




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :