Selasa, 31/03/2020 09:16 WIB

Kebakaran Hutan Australia Tewaskan Sembilan Orang

Empat petugas pemadam kebakaran NSW dirawat karena terbakar dan menghirup asap

Kebakaran hutan Australia

Jakarta, Jurnas.com - Korban tewas telah meningkat menjadi setidaknya sembilan orang ketika kebakaran hutan mengamuk di Australia di tiga negara bagian.

Dilansir UPI, sejak September, kebakaran telah membakar jutaan hektar dengan sedikitnya sembilan orang terbunuh, dan ratusan rumah hancur.

Perdana Menteri Australia Selatan Steven Marshall mengatakan, beberapa orang tewas dalam kebakaran di Bukit Adelaide yang juga melukai orang lain, bersama dengan kematian seorang anak berusia 24 tahun dari Queensland dalam kecelakaan mobil di Lameroo terkait dengan kebakaran di Murraylands.

Ada 500 petugas pemadam kebakaran yang berjuang untuk mengatasi kebakaran, kata Marshall, terutama kebakaran besar di Cudlee Creek di Adelaide Hills dan kebakaran di Pulau Kanguru. Api Cudlee Creek diturunkan untuk menonton dan bertindak tingkat Jumat malam dan yang di Pulau Kanguru, masih di bawah peringatan darurat.

"Ratusan petugas pemadam kebakaran saat ini sedang berjuang memadamkan api di seluruh Australia Selatan," tweeted Marshall . "Semuanya sedang dilakukan untuk mengendalikan kebakaran ini."

Lebih dari 98.000 hektar terbakar di seluruh negara bagian dan tiga truk, 15 rumah, 28 bangunan dan 16 kendaraan hancur, kata Marshall.

Dua puluh tiga petugas pemadam kebakaran terluka dengan satu dalam kondisi serius di rumah sakit, kata Kepala Petugas Pemadam Kebakaran Australia Selatan Mark Jones .

Seiring dengan Australia Selatan, kebakaran hutan juga baru-baru ini mengamuk di dua negara bagian lain, New South Wales dan Victoria, diperparah oleh Australia yang mencatat hari terpanas dalam sejarah Selasa.

Dua petugas pemadam kebakaran sukarela Australia terbunuh saat bertugas dengan Dinas Pemadam Kebakaran Pedesaan New South Wales, Kamis malam.

Empat petugas pemadam kebakaran NSW dirawat karena terbakar dan menghirup asap, ABC melaporkan.

"Kami telah melihat properti terkena dampak dan kehilangan," kata Komisaris Layanan Pemadam Kebakaran Pedesaan NSW Shane Fitzsimmons pada konferensi pers, Sabtu.

"Kami memiliki 3.000 petugas pemadam kebakaran dan personel layanan darurat di luar sana yang menangani kebakaran, hari cuaca buruk."

Di Victoria, kebakaran Marthavale di wilayah Gippsland Timur bertambah empat kali lipat dalam semalam. Peringatan darurat diberlakukan bagi penduduk kota-kota kecil dengan Stirling, Holstons, Tambo Crossing dan Wattle Circle, berada di antara mereka.

Michael McCormack, penjabat perdana menteri Australia, mengatakan negara itu perlu berbuat lebih banyak untuk memerangi perubahan iklim, tetapi mengatakan ada juga "banyak histeria," tentang masalah ini, dan ada penyebab kebakaran lainnya.

"Perubahan iklim bukan satu-satunya faktor yang menyebabkan kebakaran ini," kata McCormack.

"Ada sambaran petir kering, ada tumpukan kotoran ternak yang terbakar sendiri, ada banyak pelaku pembakaran di luar sana yang menyebabkan kebakaran."

TAGS : Kebakaran Hutan Warga Australia




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :