Kamis, 30/01/2020 01:57 WIB

4.371 Kader Banteng Bakal Ikut Rakernas I

Rakernas PDIP akan konsolidasi terkait kebijakan Indonesia Maju

Bambang Pacul Wuryanto dan Hasto Kristiyanto

Jakarta, Jurnas.com - Sedikitnya 4.371 kader PDI Perjuangan akan hadir dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I merangkap HUT ke-47 pada 10-12 Januari 2020.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, rakernas itu mengusung tema "Solid Bergerak Wujudkan Indonesia Negara Industri Berbasis Riset dan Inovasi Nasional" dengan sub tema "Strategi Jalur Rempah dalam Lima Prioritas Industri Nasional untuk Mewujudkan Indonesia Berdikari". 

Kata Hasto, rakernas adalah ajang konsolidasi tiga pilar partai yakni struktural, eksekutif dan legislatif bersama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma`ruf Amin serta seluruh jajaran kementerian.

"Kami akan konsolidasi terkait kebijakan Indonesia Maju," kata Hasto di kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (11/12).

Ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat mengatakan, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri sudah menginstruksikan konsolidasi seluruh tingkatan partai mulai dari anak ranting sampai DPP. Harapannya, Januari 2020 seluruh struktur partai sudah terbentuk.

"Tetap dari bawah. Kenapa penting, karena ini akan mendukung kerja, program, dan implementasi program Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma`ruf Amin," ujar Djarot.

"Mereka akan dilibatkan memperkuat jati diri sebagai bangsa," tegasnya.

Selain konsolidasi dan membahas haluan negara yang berakar pada kebudayaan, Rakernas dan HUT ke-47 PDIP itu juga menggelar berbagai kegiatan. Salah satunya adalah pameran berbagai bidang.

Ketua Bidang Koperasi dan Peningkatan Kesejahteraan Rakyat DPP PDIP Mindo Sianipar mengatakan, karena peserta Rakernas nanti adalah anggota legislatif dan kepala daerah, mereka harus bisa memanfaatkan apa yang telah didapat di pameran itu.

Menurut Mindo, para peserta wajib berkeliling ke seluruh stan pameran, berdialog, dan melihat semua potensi yang ada.

"Pulang dari pameran ini di benaknya mereka sudah diperkaya hal-hal untuk membangun daerah sesuai dengan potensi daerahnya masing-masing," katanya.

Mindo menambahkan berdasar hasil koordinasi yang sudah dilakukan diketahui sebagian kepala daerah nanti akan membawa sejumlah kepala desa.

"Supaya para kepala desa itu bisa diperkaya pikirannya untuk  memanfaatkan dana desa yang besar dalam upaya pemberdayaan masyarakat," ujarnya. 

Wakil Sekjen Bidang Kerakyatan DPP PDIP Sadarestuwati menambahkan Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDIP akan membuat dua unit dapur umum.

Tidak cuma itu, kepala Baguna DPP PDIP ini juga memastikan akan ada demonstrasi search and rescue (SAR). "Baguna DPP PDIP punya 425 potensi SAR yang sudah dilatih Basarnas," tegasnya.

Ia menjelaskan Baguna sudah ditugasi untuk mengambil peran lebih pada penanggulangan bencana. Baguna akan melibatkan BMKG, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan dan BNPB.

"Kami libatkan supaya masyarakat bisa paham mulai mitigasi, melihat tanda alam ketika akan terjadi bencana, bagaimana penanganan saat bencana dan pascabencana," katanya.  Sementara, ia menambahkan, ada pula pameran foto yang lebih menonjolkan kegiatan yang dilakukan Baguna DPP PDIP dari periode awal sampai sekarang.

Ketua Bappilu DPP PDIP Bambang "Pacul" Wuryanto mengatakan bahwa dalam Rakernas itu juga akan diberikan supporting dan konsulting kepada calon kepala daerah yang akan diusung partainya.

"Mereka ini bagian daripada yang nanti akan melaksanakan tugas dari partai. Tugas DPP memberikan supporting dan konsulting bagi kawan yang akan  bertempur," kata Bambang.

Terkait rekomendasi siapa yang akan dicalonkan, Bambang menegaskan semua tetap berada di tangan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

TAGS : Rakernas I HUT ke-47 Bambang Pacul Wuryanto




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :