Jum'at, 26/04/2024 10:46 WIB

PBB Prediksi 168 Juta Orang Butuh Bantuan 2020

 PBB menaksir 146 juta orang membutuhkan makanan, tempat tinggal, perawatan kesehatan, pendidikan darurat atau bantuan dasar pada 2019, mewakili satu dari 50 orang di seluruh dunia.

New York, Jurnas.com -  Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memprediksi sebanyak 168 juta orang, atau sekitar satu dari 45 di seluruh dunia, akan membutuhkan bantuan pada tahun 2020.

Pada 2018, PBB menaksir 146 juta orang membutuhkan makanan, tempat tinggal, perawatan kesehatan, pendidikan darurat atau bantuan dasar pada 2019, mewakili satu dari 50 orang di seluruh dunia.

"Tetapi lebih dari 168 juta orang akhirnya terbukti membutuhkan bantuan dan perlindungan," jelas Wakil Sekretaris Jenderal untuk Urusan Kemanusiaan dan Koordinator Bantuan DaruratMark Lowcock dalam konferensi pers di Jenewa, Rabu (4/12).

Lowcock mengatakan, lebih banyak orang yang terkena dampak konflik, peristiwa terkait perubahan iklim atau ekonomi yang runtuh daripada yang diantisipasi Amerika Serikat (AS)

"ini adalah jumlah tertinggi yang pernah didaftarkan sejak perang dunia kedua," ungkap Lowcock.

Ia mengatakan, PBB bertujuan untuk membantu sekitar 109 juta dari orang-orang ini sebagai prioritas dan yang lain dibantu badan-badan lain dan LSM, atau tetap berada di luar jangkauan. Ia mengatakan membutuhkan USD29 miliar/

Ia menambahkan bahwa ada risiko yang muncul, dan tren yang dapat diamati, dengan perubahan iklim meningkatkan kerentanan masyarakat terhadap krisis. Delapan krisis pangan terburuk di dunia semuanya terkait dengan konflik dan guncangan iklim.

Ia juga mengatakan PBB prihatin dengan perlambatan ekonomi global, yang dapat meningkatkan kerentanan negara-negara yang sudah menghadapi situasi ekonomi yang sulit.

Menurut PBB, sejumlah  anak-anak  terbunuh dan cacat pada 2019, sebagai akibat dari penurunan kepatuhan terhadap hukum internasional.

Lowcock mengatakan, terjadi peningkatan serangan terhadap petugas kesehatan dan fasilitas layanan kesehatan, dengan 791 serangan seperti itu dalam sembilan bulan pertama 2019, yang mengakibatkan 171 kematian.

Pada 2018, 131 pekerja bantuan tewas dan 130 diculik dalam 400 serangan. "Yaman akan tetap menjadi krisis kemanusiaan terburuk di dunia, dengan hampir 80 persen populasi - sekitar 24 juta orang - membutuhkan bantuan," jelasnya.

Konflik di Suriah masih memicu krisis pengungsi terbesar di dunia, dengan 6,5 juta pengungsi di wilayah tersebut.

Di Sahel Afrika, pemindahan telah meningkat secara dramatis, dan kelaparan mencapai tingkat kritis, sementara di Venezuela, krisis ekonomi yang keras masih mendorong banyak orang untuk pergi.

Krisis ekonomi yang memengaruhi Sudan, kebutuhan kemanusiaan yang sangat besar di Republik Demokratik Kongo, Somalia, dan Sudan Selatan, serta krisis sosial ekonomi dan politik yang memengaruhi Haiti, semuanya merupakan penyebab utama keprihatinan.

Di bawah tren saat ini, jika tidak ada yang dilakukan untuk mengatasi penyebab konflik, tetapi juga perubahan iklim, lebih dari 200 juta orang mungkin membutuhkan bantuan pada tahun 2022, ramalan PBB.

KEYWORD :

Bantuan Darurat Mark Lowcock Negara Konflik




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :