Senin, 27/01/2020 06:53 WIB

Ida Fauziah: Pekerja Migran Sangat Butuh Literasi Keuangan

Literasi keuangan perlu, karena punya kebiasaan yang mendadak lalu secara keuangan tidak siap

Ida Fauziah

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah mengingatkan betapa pentingnya pemahaman terhadap literasi keuangan bagi para Pekerja Migran Indonesia (PMI).

"Literasi keuangan perlu, karena masyarakat Indonesia punya kebiasaan yang mendadak, lalu secara keuangan tidak siap," ujar Ida Fauziah saat pelatihan Sosialisasi Literasi Keuangan bagi Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI), Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan keluarga, serta Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) di Hotel Puri Denpasar, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu, 30 November 2019.

Ida Fauziah yang juga Wakil Ketua Umum DPP PKB menjelaskan, masalah keuangan sering dialami para pekerja migran serta keluarganya. Sebab mereka terbiasa dengan "tiba saat" dan "tiba akan".

"Kita terbiasa tiba saat dan tiba akan.
Tiba saat anak sekolah, tiba akan nikah, tiba akan melahirkan dan seterusnya. Setelah masa tiba saat dan tiba akan itu datang, baru kita pusing di mana mencarikan sumber keuangan," jelas Ida.

Oleh sebab itu, ia menilai pelatihan literasi keuangan bagi PMI harus terus dilakukan. Bukan hanya oleh pemerintah, tapi juga parpol dan LSM. Dengan demikian, masyarakat, khususnya pekerja migran tidak bermasalah dengan keuangannya.

"Maka saya harap kegiatan ini bukan yang terakhir. Sebagai menteri yang punya tugas memberikan perlindungan kepada Tenaga Kerja Indonesia. Saya berkepentingan dengan kegiatan literasi keuangan bagi PMI," tegasnya.

Ida Fauziah menjelaskan, meski bekerja di luar negeri semua adalah WNI yang berhak diberikan perlindingan. Perlindungan dilakukan dengan adanya kepastian sistem, penyederhanaan tata kelola, distribusi serta akses informasi, juga akreditasi kelembagaan serta advokasi.

Kata Ida Fauziah, banyak persepsi di masyarakat bahwa kerja di luar negeri menimbulkan masalah. Orang yang menjadi PMI seolah menjemput mudhorot.

"Maka kita melakukan perbaikan terus.
Kita tau kerja dinluar negeri banyak masalah, maka kita juga tau dan bergerak bagaimana menyelesaikan masalah. Maka persepsi bekerja di LN juga harus baik," jelas Ida Fauziah.

TAGS : Literasi Keuangan Ida Fauziah Menteri Ketenagakerjaan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :