Minggu, 05/04/2020 23:10 WIB

Miliarder Carlos Slim Sebut Meksiko Seksi untuk Investasi

Slim menggambarkan kondisi yang berlaku di ekonomi terbesar kedua di Amerika Latin itu sebagai kesempatan untuk menarik investor institusional, seperti dana pensiun yang sering membiayai proyek skala besar.

Miliarder Meksiko Carlos Slim menghadiri konferensi pers di Mexico City, Meksiko 16 Oktober 2019. Foto:Luis Cortes/Reuters)

Mexico City, Jurnas.com - Miliarder Meksiko, Carlos Slim mengatakan, sektor swasta akan turun tangan membantu membiayai proyek-proyek infrastruktur yang ambisius di Meksiko sehingga keuangan publik sehat dan inflasi terkendali.

Hal itu disampaikan Slim sehari setelah pemerintah mengumumkan tahap pertama dari rencana infrastruktur ambisius yang ditanggung oleh sektor swasta yang mencakup berbagai macam transportasi dan proyek pekerjaan umum lainnya selama lima tahun.

Slim menggambarkan kondisi yang berlaku di ekonomi terbesar kedua di Amerika Latin itu sebagai kesempatan untuk menarik investor institusional, seperti dana pensiun yang sering membiayai proyek skala besar.

"Ini adalah peluang besar bagi dana ini untuk berinvestasi dalam proyek-proyek infrastruktur ambisius ini," kata Slim pada sebuah acara yang diadakan di Mexico City, menambahkan bahwa bank-bank Meksiko juga memiliki sumber daya untuk membiayai proyek-proyek.

Slim juga berencana berinvestasi. Ia berencana menggelontorkan 200 miliar peso selama lima tahun untuk meningkatkan telekomunikasi di daerah-daerah, sesuai dengan rencana pemerintah memudahkan akses internet ke seluruh penduduk.

Slim merupakan CEO America Movil, penyedia telekomunikasi Meksiko terbesar yang operasinya meliputi layanan suara seluler dan telepon tetap, layanan nirkabel dan data tetap, akses internet dan televisi berbayar.

Bulan lalu, Slim memperkirakan akan berinvestasi hingga USD5 miliar pada infrastruktur Meksiko selama pemerintahan saat ini. Ia mengatakan, investor keuangan bisa mendapatkan hasil yang lebih baik di Meksiko, di mana suku bunga bank sentral 7,5% jauh di atas Amerika Serikat dan Eropa.

Perbedaan tingkat telah membantu mendukung peso, meskipun ekonomi mengalami stagnasi di bawah Presiden Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador, yang menjabat setahun lalu.

Slim mengatakan penting untuk melindungi peringkat kredit negara, yang sudah di bawah tekanan dari beban utang perusahaan minyak Pemex yang besar.

Ia memuji paket infrastruktur, tetapi pengalamannya dengan pemerintah baru masih campur aduk.

Tidak lama sebelum menjabat setahun yang lalu, Lopez Obrador membatalkan pembangunan bandara seniali USD13 miliar untuk Mexico City di mana Slim adalah investor utama. Ia memang memberi kompensasi kepada para investor, tetapi keputusan itu tetap membuat kecewa. (Reuters)

TAGS : Miliarder Meksiko Carlos Slim Investasi Infrastruktur




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :