Sabtu, 20/04/2024 09:41 WIB

Bawa Puluhan Juta Rupiah, Ini Putra dan Putri Batik Terpilih 2019

Ikatan Pecinta Batik Nusantara (IPBN) kembali menyelenggarakan ajang pemilihan Putra Putri Batik Nusantara. Ini para pemenangnya. 
 

Putra dan Putri Batik terpilih di tahun 2019 ini. (Foto : Jurnas/Ist).

Jakarta, Jurnas.com- Indonesia sebagai pewaris sah warisan batik telah diakui oleh UNESCO sebagai Masterpiece of the Oral and Intangible Herritage of Humanity dari Indonesia sejak 2009 lalu. Ikatan Pecinta Batik Nusantara (IPBN) terus melestarikan batik bersama masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menyelenggarakan ajang pemilihan Putra Putri Batik Nusantara untuk kesembilan kalinya.

Ajang ini menjadi wahana regenerasi yang efektif untuk menumbuhkan rasa cinta dan kebanggaan pada warisan budaya nusantara di kalangan generasi muda, selain ingin meningkatkan industri batik di Tanah Air. Kegiatan ini juga mengkurasi corak batik yang ada, untuk kemudian dipatenkan. Pada akhirnya mampu menjadi produk kreatif yang benar-benar memberikan dampak positif terhadap perekonomian nasional.

Selain oleh IPBN, acara yang mengusung tema ‘Mantra Dewata’, juga didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. Malam Grand Final Pemilihan Putra dan Putri Batik Nusantara 2019 berlangsung di Balairung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta, Sabtu (2/11) kemarin.

Sebanyak 28 finalis yang tampil dari 14 Provinsi dan terpilih enam pasangan pemenang. Pengumuman pemenang disampaikan langsung oleh pembawa acara, Malam Grand Final Putra Putri Batik Nusantara 2019.

Pemenang pertama Putra Batik Nusantara 2019 jatuh kepada Jawa Timur, Ma’arif dan Putri Batik Nusantara jatuh kepada Kiki Jatmiko Putri dari DKI Jakarta. Sedangkan Pemenang kedua diberikan kepada Nikolas Wisnu Adhyatmoko perwakilan DKI Jakarta dan Karinka Bella Prasetya perwakilan Provinsi Bali. Juara ketiga diraih oleh Achmad Algan dan Fetri Dwi Amlika. Keduanya dari Provinsi Sumatera Selatan.

Pemenang Favorit Putra Putri Batik Nusantara 2019 diberikan kepada Andre Saputra dari Malang – Blitar, Jawa Timur dan Diajeng Aulya dari Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pemenang Berbakat Putra Putri Batik Nusantara 2019 jatuh kepada Muhammad Alphardiyan dari Bogor, Jawa Barat dan Shania perwakilan DI Yogyakarta. Pemenang Persahabatan Putra Putri Batik Nusantara 2019 diberikan kepada I Dewa Putu Wahyu Krisna A. dari Provinsi Bali dan Kalista Iskandar perwakilan DKI Jakarta.

Para pemenang Putra Putri Batik Nusantara 2019 meraih hadiah menarik berupa tunai masing-masing Rp 50 juta untuk pemenang pertama. Penghargaan lainnya berupa beasiswa dan kesempatan mempromosikan budaya dan pariwisata Indonesia melalui berbagai kegiatan di dalam dan luar negeri.

Pemenang kedua mendapat hadiah uang sebesar Rp 25 juta dan Rp 15 juta untuk pemenang ketiga. Sedangkan pasangan pemenang lainnya memperoleh hadiah uang, masing-masing Rp 10 juta.

KEYWORD :

Kabar Artis Putra Puti Batik Puluhan Juta Batik Indonesia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :