Sabtu, 27/04/2024 11:41 WIB

Turki-Rusia Sepakat Ciptakan Zona Bebas Teror di Suriah Utara

Kedua presiden sepakat untuk berkomitmen pada pelestarian kesatuan politik dan integritas wilayah Suriah dan perlindungan keamanan nasional Turki dalam sebuah memorandum bersama.

Turki dan Rusia

Jakarta, Jurnas.com - Pemerintah Turki mengumumkan bahwa Ankara dan Moskow telah mencapai kesepakatan "bersejarah" untuk menciptakan zona bebas teror di Suriah utara, Selasa (22/10) waktu setempat.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengumumkan kesepakatan itu setelah bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di kota pantai Sochi di Rusia untuk membahas Operasi Perdamaian Spring Turki.

Operasi itu diluncurkan 9 Oktober di Suriah utara untuk mengamankan perbatasan Turki dan mengusir teroris dari Suriah utara sambil memastikan integritas teritorial Suriah.

Dilansir UPI, Erdogan mengatakan mereka setuju untuk melarang gerakan separatis dari zona bebas teror Suriah.

"Unit Perlindungan Rakyat (YPG) dan senjata mereka akan dikeluarkan dari zona bebas teror dan posisi mereka akan dibongkar," ujar Erdogan.

"YPG akan mundur 30 kilometer (19 mil) dalam 150 jam, dan kemudian patroli gabungan Turki-Rusia akan diluncurkan di daerah 10 kilometer (6 mil) ke wilayah Suriah," tambahnya.

Kedua presiden sepakat untuk berkomitmen pada pelestarian kesatuan politik dan integritas wilayah Suriah dan perlindungan keamanan nasional Turki dalam sebuah memorandum bersama.

Di bawah kesepakatan itu, upaya bersama juga akan diluncurkan untuk membantu mengembalikan pengungsi dengan aman dan sukarela.

Sebelumnya Selasa, pemerintah Irak mengatakan pasukan AS tidak memiliki izin untuk melakukan operasi militer dari dalam perbatasannya.

Pengumuman itu datang sehari setelah Pentagon mengatakan upaya Amerika telah pindah ke sana dari Suriah.

Pasukan AS menarik diri dari Suriah dua minggu lalu atas arahan Presiden Donald Trump , yang diikuti oleh serangan Turki yang menargetkan pejuang Kurdi di timur laut.

Militer AS mengatakan pasukan akhir pekan lalu akan ditempatkan kembali di Irak untuk memantau aktivitas teroris di Suriah dan menambahkan Senin bahwa peralihan telah dimulai.

Pemerintah di Baghdad menjawab Selasa dengan mengatakan pasukan Amerika tidak bisa tinggal.

"Semua pasukan AS yang mundur dari Suriah menerima persetujuan untuk memasuki wilayah Kurdi sehingga mereka dapat diangkut ke luar Irak," kata pemerintah dalam sebuah pernyataan.

"Tidak ada izin yang diberikan bagi pasukan ini untuk tetap berada di Irak."

Menteri Pertahanan AS Mark Esper sebelumnya mengatakan dia telah berbicara dengan para pejabat Baghdad tentang rencana untuk memindahkan pasukan AS ke Irak.

"Tujuannya adalah untuk tidak tinggal di Irak tanpa henti," katanya Selasa. "Tujuannya adalah untuk menarik tentara kita keluar dan akhirnya membawa mereka pulang."

Amerika Serikat memiliki kekuatan kecil sekitar 5.000 tentara di Irak, sebagian besar dalam pelatihan dan peran penasehat.

Penarikan Trump di Suriah secara luas dikutuk sebagai pengkhianatan terhadap pasukan Kurdi, dengan siapa Pentagon sebelumnya bersekutu untuk melawan kelompok teror Negara Islam di Suriah.

Gencatan senjata lima hari antara Turki dan Kurdi di Suriah berakhir pada pukul 10 malam Selasa, kata Kementerian Pertahanan Turki.

Sejauh ini, 136 kendaraan Kurdi telah meninggalkan "zona aman" yang ingin dibangun Turki di sepanjang perbatasannya dengan Suriah. Turki menganggap Kurdi sebagai kelompok teroris.

"Kegiatan elemen-elemen teroris dikendalikan melalui radar dan UAV siang dan malam," kata Letnan Cmdr. Nadide Åžebnem Aktop, juru bicara Kementerian Pertahanan.

KEYWORD :

Suriah Utara Zona Bebas Teror Pemerintah Turki




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :