Selasa, 16/04/2024 14:56 WIB

Turki Gertak Pasukan Suriah Tinggalkan Perbatasan

Permintaan itu akan menjadi puncak pembicaraan Erdogan minggu depan dengan sekutu Suriah, Presiden Rusia Vladimir Putin.

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan (Foto: AP)

Jakarta, Jurnas.com - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan melalui juru bicaranya menginginkan pasukan pemerintah Suriah untuk pindah dari daerah dekat perbatasan Turki sehingga ia dapat memukimkan kembali hingga 2 juta pengungsi di sana.

Dilansir Beta, permintaan itu akan menjadi puncak pembicaraan Erdogan minggu depan dengan sekutu Suriah, Presiden Rusia Vladimir Putin.

Pengaturan di sepanjang perbatasan Suriah-Turki dilemparkan ke dalam kekacauan setelah AS menarik pasukannya keluar dari daerah itu, membuka pintu invasi Turki yang bertujuan mengusir para pejuang pimpinan Kurdi yang dianggap teroris.

Ditinggalkan oleh sekutu Amerika mereka, Kurdi - dengan mediasi Rusia - mengundang Damaskus untuk mengirim pasukan ke Suriah timur laut sebagai perlindungan dari pasukan Turki.

Itu telah mempersulit rencana Turki untuk menciptakan "zona aman" di sepanjang perbatasan, di mana ia dapat memukimkan kembali pengungsi Suriah sekarang di Turki. Sebagian besar pengungsi itu melarikan diri dari pemerintahan Suriah.

Juru bicara Erdogan, Ibrahim Kalin mengatakan Ankara tidak menginginkan pasukan Suriah atau pejuang Kurdi di daerah perbatasan karena pengungsi tidak akan kembali ke daerah di bawah kendali mereka. Turki mengatakan ingin mengawasi daerah itu.

"Ini adalah salah satu topik yang akan kita diskusikan dengan Rusia, karena, sekali lagi, kita tidak akan memaksa pengungsi untuk pergi ke mana pun mereka tidak ingin pergi," katanya.

"Kami ingin menciptakan kondisi yang cocok bagi mereka untuk kembali ke tempat yang mereka rasa aman," tambahnya.

Turki telah mengambil sekitar 3,6 juta warga Suriah melarikan diri dari konflik di tanah air mereka, tetapi sekarang ingin sebagian besar dari mereka kembali. Sejauh ini, sangat sedikit yang kembali ke daerah kantong yang telah diambil alih Turki dan kontrol sejak 2017.

Di bawah kesepakatan yang dibuat oleh AS dan Turki Kamis, gencatan senjata lima hari telah diberlakukan. Turki mengharapkan para pejuang Kurdi menarik diri dari daerah perbatasan.

Seorang pejabat senior Kurdi Suriah mengakui untuk pertama kalinya bahwa pasukan pimpinan Kurdi setuju untuk mundur, dengan menyatakan bahwa pasukannya akan bergerak 30 kilometer (19 mil) selatan perbatasan.

Redur Khalil, seorang pejabat senior Pasukan Demokrat Suriah, mengatakan kepada AP bahwa penarikan itu akan dilakukan begitu Turki mengizinkan pasukan pimpinan Kurdi untuk mengevakuasi para pejuang dan warga sipil dari Ras al-Ayn, sebuah kota perbatasan yang dikepung oleh pasukan yang didukung Turki.

Dia mengatakan bahwa pasukan pimpinan Kurdi sedang mempersiapkan rencana untuk melakukan evakuasi pada hari Minggu, jika tidak ada penundaan lebih lanjut.

KEYWORD :

Pasukan Suroah Perbatasan Turki




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :