Sabtu, 27/04/2024 10:23 WIB

DPR Dilantik, Megawati: Jalankan Konstitusi Selurus-lurusnya

Khusus bagi anggota dewan incumbent, diminta untuk melakukan kritik dan otokritik atas tugasnya sebagai anggota dewan

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

Jakarta, Jurnas.com - Sebanyak 575 Anggota DPR periode 2019-2024 akan dilantik pada Selasa 1 Oktober 2019 hari ini.

Dari jumlah itu, PDI Perjuangan adalah peraih kursi terbanyak dengan 128 anggota DPR. 43 kursi lebih bangak dibanding Golkar yang ada di urutan kedua dengan 85 kursi.

Sebagak partai pemilik kursi DPR terbanyak, Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri meminta agar para anggota Fraksi PDIP bekerja dengan penuh kesetiaan pada rakyat Indonesia melalui jalan ideologi Pancasila.

"Pelantikan anggota baru membawa momentum untuk perbaikan di dalam pelaksanaan fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan," kata Megawati sebagaimana disampaikan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Selasa (1/10/2019).

Ketua Umum PDIP berpesan, jelas Hasto, agar seluruh anggota DPR RI dari Fraksi PDIP dapat menjalankan sumpah dan janji jabatan, khususnya di dalam menjalankan konstitusi dengan selurus-lurusnya.

"Khusus bagi anggota dewan incumbent, diminta untuk melakukan kritik dan otokritik atas tugasnya selama ini sebagai anggota dewan dan setia pada jalan kerakyatan," jelas Hasto.

Kata Hasto, PDIP juga menegaskan komitmen terhadap ideologi Pancasila. PDIP pun kokoh sebagai kekuatan utama pendukung Pemerintahan Jokowi-KH Ma’ruf Amin yang akan dilantik pada tanggal 20 Oktober 2019 yang akan datang.

"Pada momentum yang sangat tepat ini, Ketua Umum PDI Perjuangan menegaskan agar setiap kader Partai untuk membangun kultur organisasi Partai yang anti korupsi. Koruptor tidak mendapat tempat di Partai. Sanksi pemecatan seketika akan diberikan bagi anggota Partai yang melakukan korupsi," lanjutnya.

Aspirasi rakyat yang menuntut kinerja maksimal DPR pun menjadi fokus penekanan bagi PDIP. Termasuk prahara RUU KUHP yang pengesahannya ditunda.

"Kritikan masyarakat yang begitu keras terkait dengan RUU KUHP direspons PDI Perjuangan dengan membentuk Badan Legislasi Partai. Badan tersebut akan menjadi supporting team yang bersifat strategis," jelas Hasto Kristiyanto, Sekjen PDI Perjuangan.

KEYWORD :

DPR Megawati Soekarnoputri




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :