Rabu, 23/10/2019 08:09 WIB

Mantan Jurnalis AS Jadi Wakil Penasihat Keamanan Trump

Penasihat Keamanan Nasional Presiden Amerika Serikat, Robert O`Brien, mengatakan bahwa penasihat kebijakan Gedung Putih di Asia, Matt Pottinger, akan menjadi wakil utamanya.

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump. (Foto: PressTV)

Washington, Jurnas.com - Penasihat Keamanan Nasional Presiden Amerika Serikat, Robert O`Brien, mengatakan bahwa penasihat kebijakan Gedung Putih di Asia, Matt Pottinger, akan menjadi wakil utamanya.

O`Brien menyampaikan pengumuman itu di pesawat kenegaraan Air Force One, ketika Trump terbang dari Ohio ke New York, di mana presiden akan menghadiri acara-acara yang berkaitan dengan Majelis Umum PBB.

Rabu lalu, Trump menunjuk O`Brien, yang pernah menjabat sebagai negosiator sandera AS, untuk menggantikan John Bolton sebagai penasihat keamanan nasional.

Hubungan Trump dan Bolton cenderung hawkish, dan memiliki perbedaan atas tantangan kebijakan luar negeri seperti Iran, Afghanistan dan Korea Utara.

Sementara Pottinger merupakan mantan jurnalis dan marinir AS, yang telah membantu memalsukan kebijakan China dan Korea Utara sejak Trump menjabat pada Januari 2017.

"Dia pemain tim," kata O`Brien dilansir dari Reuters pada Senin (23/9).

Pottinger memainkan peran penting dalam mengatur KTT Trump dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, sebuah keterlibatan diplomatik yang telah membuat sedikit kemajuan dalam membujuk Pyongyang untuk menyerahkan senjata nuklirnya.

TAGS : Matt Pottinger Penasihat Keamanan Amerika Serikat Donald Trump




TERPOPULER :