Minggu, 15/12/2019 20:20 WIB

Malaysia Heran Jokowi Tolak Tawaran Atasi Kebakaran Hutan

Pemerintah Malaysia dikabarkan menawarkan bantuan untuk mengatasi kebakaran hutan di Indonesia karena memiliki peralatan bom air. Sayangnya tawaran itu ditolak tanpa alasan yang jelas.

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad (Foto: Twitter )

Jakarta, Jurnas.com - Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, terheran-heran karena Presiden RI, Joko Widodo menolak bantuan untuk megatasi kebakaran hutan di Provinsi Riau dan Kalimantan.

Sebelumnya, pemerintah Malaysia dikabarkan menawarkan bantuan untuk mengatasi kebakaran hutan di Indonesia karena memiliki peralatan bom air. Sayangnya tawaran itu ditolak tanpa alasan yang jelas.

"Saya tidak tahu mengapa," kata Mahathir, menjawab pertanyaan wartawan dalam konferensi pers.

"Tanya (Jokowi) mengapa Anda tidak mau menerima bantuan kami? Tapi saya belum pernah melakukannya (bertanya kepada Jokowi)," terang Mahathir.

Mahathir menegaskan negaranya sudah berupaya melakukan banyak hal untuk mengatasi kabut asap. "Kita salat minta hujan. Kita juga mencoba menyemaikan awan (membuat hujan buatan) serta meminta warga mengenakan masker," kata dia.

Mahathir juga mengatakan akan menggunakan teknologi drone untuk membuat hujan buatan.

"Kita bisa menggunakan beberapa (pesawat tanpa awak), bukan satu, di daerah tertentu di Putrajaya yang sangat terdampak oleh kabut asap," kata Mahathir.

TAGS : Mahathir Mohamad Joko Widodo Kebakaran Hutan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :